Ini Dia Spesifikasi PlayStation 5!


Sesuai janjinya kemarin, Sony resmi merilis spesifikasi konsol next-gen mereka yang jadi pesaing dari Xbox Series X, yaitu PlayStation 5.

Mark Cerny memberikan presentasi secara mendalam terkait PlayStation 5 secara mendalam. PS5 kembali dipersenjatai oleh prosesor AMD seperti PS4, namun dengan kekuatan yang lebih bagus yakni AMD Zen 2 Octa-core dengan kecepatan 3,5 Ghz.

Cerny mengklaim, GPU AMD RDNA 2 yang telah dikustomisasi dalam PlayStation 5 ini bisa mengurangi konsumsi tenaga, serta mampu mengoptimalkan performa dari konsol tersebut.

Sony menyisipkan RAM 16 GB GDDR6, dan SSD sebesar 825GB untuk penyimpanannya. Belum lagi 4K UHD Blu-ray Drive sebagai disk drive nya. Cakep banget sih ini konsol!



Untuk bentuknya, Sony masih merahasiakan hal ini. Banyak rumor yang beredar, bahwa ada kemungkinan bentuknya gak sama seperti yang telah muncul belakangan ini dengan bentuk “V”.

Kabarnya, PlayStation 5 juga mendukung backward compability ke beberapa game di PlayStation 4. Jadi, kalian bisa memainkan beberapa game tertentu yang ada di PlayStation 4 lewat konsol baru ini. Wih keren ya!

Spesifikasi PlayStation 5 bisa kalian lihat disini:

Specs.PlayStation 5
CPU8x Zen 2 Cores, 3.5GHz (variable frequency)
GPU10.28 TFLOPs, 36 CUs at 2.23GHz (variable frequency)
GPU ArchitectureCustom RDNA 2
Memory/Interface16GB GDDR6/256-bit
Memory Bandwidth448GB/s
Internal StorageCustom 825GB SSD
IO Throughput5.5GB/s (Raw), Typical 8-9GB/s (Compressed)
Expandable StorageNVMe SSD Slot
External StorageUSB HDD Support
Optical DriveUltra HD Blu-ray™, up to 100GB/disc
Video OutSupport of 4K 120Hz TVs, 8K TVs, VRR (specified by HDMI ver.2.1)
Audio“Tempest” 3D AudioTech

Memang, spesifikasi ini belum lengkap. Karena, masih banyak hal yang dirahasiakan oleh Sony. Setidaknya, beberapa bocorannya bisa sedikit mengobati rasa penasaran soal tenaga dari konsol terbaru saingan Microsoft ini.



Rencananya konsol ini bakal meluncur pada kuartal keempat 2020 atau di musim liburan. Pihak Sony juga belum mau memberikan harga dari konsol terbarunya ini. Tapi, apabila komponen pembuatannya masih langka seperti yang diberitakan oleh Bloomberg bulan lalu, kemungkinan harganya diprediksi bisa menembus angka 6 jutaan.

Full-time writer at OKEGUYS Most topics about Gadget, Football & Games.

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password