Simak Nih, Hal-Hal yang Bisa Membatalkan Puasa


Saat dibulan suci ramadan kayak gini, umat islam wajib untuk melakukan puasa. Puasa adalah bagaimana orang-orang menahan diri dari haus, lapas dan segala hawa nafsu. Ada beberapa hal yang harus dipatuhi agar puasa kita tetap sah dan gak batal.

Emang sih, kadang hal yang kita anggap sepele pun bisa membatalkan puasa. Selain makan minum yang di sengaja dan suka marah-marah bisa membatalkan puasa, apalagi ya kira-kira hal yang bisa membatalkan puasa? Simak dibawah ini ya!

1. Muntah dengan Sengaja

Simak Nih, Hal-Hal yang Bisa Membatalkan Puasa

(canva) – Muntah secara disengaja.

Muntah dengan sengaja saat berpuasa ternyata bisa membatalkan puasa. Tapi, kalau muntahnya secara tiba-tiba dan gak ada muntahan yang kembali tertelan, maka puasa kalian masih bisa diangap sah.



2. Haid atau Nifas

Simak Nih, Hal-Hal yang Bisa Membatalkan Puasa

(canva) – Ilustrasi haid.

Saat berpuasa, tubuh kita wajib nih dalam keadaan suci. Nah karena itu, hal yang membuat batal puasa bagi perempuan adalah ketika mereka sedang haid dan nifas atau mengeluarkan darah setelah melahirkan. Untuk para perempuan yang mengalami haid atau nifas wajib untuk mengganti puasanya di hari lain. Darah haid dan nifas adalah darah kotor yang menyebabkan puasa batal.

3. Suntikan

Simak Nih, Hal-Hal yang Bisa Membatalkan Puasa

(canva) – Suntikan.

Selanjutnya, yang bisa membatalkan puasa adalah kektika kita disuntik. Karena saat disuntik, tubuh kita akan di masukkan cairan obat-obatan yang baik untuk tubuh. Cairan atau obat yang masuk ke tubuh kita itu bisa membatalkan puasa, karena itu bisa menghilangkan rasa haus dan juga lapar.

4. Berhubungan Seksual

Simak Nih, Hal-Hal yang Bisa Membatalkan Puasa

(canva) – Ilustrasi.



Berhubungan seksual disaat puasa dapat membatalkan puasa. Kenapa bisa batal? ya jelas-jelas kalian gak bisa menahan hawa nafsu. Gak hanya puasa kalian jadi batal doang nih, kalian juga wajib kena denda. Nah dendanya, kalian harus berpuasa selama 60 hari. Kalau kalian ga mampu bayar denda tersebut, maka wajib memberikan makanan pokok senilai satu mud atau 0,6 kilogram beras kepada 60 fakir miskin.

5. Merokok

Simak Nih, Hal-Hal yang Bisa Membatalkan Puasa

(canva) – Dilarang merokok saat berpuasa.

Merokok juga merupakan salah satu yang bisa membatalkan puasa. Meskipun gak makan dan minum, merokok artinya memasukkan sesuatu ke dalam tubuh dan saat merokok kalian juga pasti merasakan rasa dari rokok tersebut pada lidah.

6. Hilang Akal

Simak Nih, Hal-Hal yang Bisa Membatalkan Puasa

(canva) – Ilustrasi hilang akal.

Orang yang hilang akal otomatis puasanya batal. dalam hal ini hilang akal terdiri dari orang gila dan orang yang mabuk atau pingsan. Orang gila gak diwajibkan untuk berpuasa. Karena orang gila tidak bisa berfikir secara jernih. Jadi, orang yang seperti itu dianggap tidak lagi mukallaf (tidak berkewajiban puasa).



Selanjutnya, mengapa orang yang sedang mabuk ataupun pingsan batal puasanya? Saat secara sengaja mencium sesuatu yang membuat mabuk atau pingsan, maka puasanya batal karena mengilangkan akal secara disengaja. Selain itu, apabila tidak sengaja mabuk atau pingsan dalam seharian penuh juga dapat membatalkan puasa

Namun, ada pengecualian nih bagi orang yang mengalami mabuk atau pingsan secara tidak sengaja dan masih bisa melanjutkannya. Puasanya tidak akan terhitung batal.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa membatalkan puasa. Dihindari ya guys, biar puasanya tetap aman dan lancar.

Full-time writer at OKEGUYS Most topics about Gadget, Football & Games.

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password