GERD Itu Penyakit Apa Sih? Kenali Gejalanya


Kalian pernah nggak ngerasain rasa terkabar di dada atau tenggorokan guys? Jika iya, jangan anggap remeh. Bisa aja kalian terkena yang namanya penyakit GERD atau lengkapnya Gastroesophageal Reflux Disease (GERD). Jika nggak ditangani dengan baik, bisa berujung dengan kematian lho!

Serem kan?

Nah, sebenernya apa sih penyakit GERD itu? Penyakit ini merupakan sebuah kondisi di mana asam lambung naik kembali ke kerongkongan (esofagus). Beberapa sumber menyebut penyakit berbahaya ini terjadi ketika otot di ujung kerongkongan tidak menutup dengan benar.

Ini memungkinkan isi lambung bocor kembali, atau naik kembali, ke kerongkongan dan mengiritasi. Akibatnya, mungkin ada rasa terbakar di dada atau tenggorokan yang disebut mulas.



Terkadang, kita bisa merasakan cairan lambung di bagian belakang mulut. Jika kalian memiliki gejala ini lebih dari dua kali seminggu, ada kemungkinan kalian menderita GERD.

Gejala

Gejala yang paling umum biasanya terasa seperti nyeri di dada, yang mulai di belakang tulang dada dan bergerak ke atas ke leher dan tenggorokan. Banyak orang mengatakan rasanya makanan kembali ke mulut meninggalkan rasa asam atau pahit.

Rasa terbakar dan tekanan dapat berlangsung selama 2 jam, dan seringkali lebih buruk setelah makan, berbaring atau membungkuk. Berikut ini adalah gejala-gejala penyakit GERD.

  • Sensasi terbakar di dada.
  • Regurgitasi makanan atau cairan asam
  • kesulitan atau sakit saat menelan
  • Rasa mual setelah makan.
  • Sensasi benjolan di tenggorokan atau merasakan makanan menumpuk di tenggorokan.
  • Batuk kronis

Kalo kalian ngerasain gejala-gejala seperti di atas, ada baiknya kalian segera konsultasikan ke dokter. Bukan apa-apa, lebih baik mencegah ketimbang mengobati apalagi mati.



Tags:

Full-time writer | OKEGUYS
A person who likes watching and really likes the world of design, motion, video editing, and writing.

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password