5 Film tentang Isu Rasisme yang Kuras Emosi!


Kematian tragis George Floyd memancing kemarahan warga AS. Guys, membayangkan video Polisi mencekik leher George dengan lututnya saja udah menyisakan trauma besar bagi warga AS. 

Apalagi, ketidakadilan sering kali dirasakan warga kulit hitam sedari dulu hingga sekarang. Supaya kamu tahu gimana diskriminasi rasial di AS, kamu bisa nonton film yang mengangkat isu seputar diskriminasi yang dirasakan orang-orang kulit hitam. 

Ini guys, film yang angkat isu rasial dan bisa bikin kamu ikut marah dan kecewa melihat sikap rasis seseorang terhadap sesama manusia!

1. MUDBOUND


Film Mudbound original Netflix ini rilis tahun 2017. Guys, kalau kamu nonton film ini, hati akan terasa panas karena emosi.

Apalagi ketika melihat organisasi Klu Klux Klan yang semena-mena menghakimi warga kulit hitam dengan keji. Mirisnya korban adalah tentara AS yang ikut berperang dalam perang dunia II. 

Dalam film ini hanya beberapa kulit putih aja yang tidak mementingkan warna kulit seseorang.

2. 12 YEARS A SLAVE

Debut Lupita Nyong’o sebagai aktris di film 12 Years a Slave disambut positif. Terlebih lagi, film ini udah memenangkan banyak penghargaan

Film ini juga bakal membuat matamu terbuka tentang isu rasial yang masih jadi ‘musuh’ di dunia ini, guys.

12 Years a Slave bercerita tentang Solomon Northup, seorang warga New York kulit hitam yang diculik di Washington DC pada tahun 1841. Ia pun dijadikan sebagai budak.

3. THE HATE U GIVE


Film Netflix berjudul The Hate U Give ini setting-nya lebih kekinian namun tetap membahas isu rasial di AS yang memang masih ada.

Film ini pun situasinya cukup mirip dengan kematian George Floyd yang mengembuskan napas terakhirnya di tangan polisi.

Versi The Hate U Give bercerita tentang remaja perempuan bernama Starr yang menjadi saksi temannya meninggal karena ditembak polisi. Starr histeris karena temannya hanya mengambil sisir, namun peluru polisi sudah bersarang di tubuh sahabatnya.

Starr pun nggak bisa melupakan kejadian tragis itu dan ikut turun ke jalan berdemo meminta keadilan!

4. THE HELP

The Help bercerita tentang keluarga kulit putih yang mempekerjakan perempuan kulit hitam sebagai asisten rumah tangga.

Mirisnya, para asisten rumah tangga nggak diperbolehkan menggunakan toilet yang sama.

Bahkan para ibu rumah tangga kulit putih yang rasis sering merendahkan ART mereka. 

Hanya seorang perempuan saja yang tidak memandang rendah perempuan kulit hitam. Bahkan, ia mengangkat derajat para ART lewat tulisannya.

5. 13th

Film dokumenter berjudul 13th ini bercerita tentang penjara di AS.

Jika di sana ada amandemen yang berbunyi AS melarang perbudakan, namun, mirisnya situasi penjara di AS masih melakukan perbudakan!

Sempatkan menonton film di atas ya, guys. Supaya mengerti bagaimana rasa kecewa para warga AS kulit hitam yang nggak mendapat keadilan.

Freelance Writer at OKEGUYS.COM

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password