Biar Gak Salah Kaprah, Berikut Fakta dan Mitos Deep Web!


Kamu yang tiap hari menggunakan internet, pastinya sudah tidak asing dengan istilah deep web.

Tapi, tahu nggak sih sebenarnya deep web itu tempat seperti apa? Seperti namanya, deep web kerap kali digambarkan sebagai “sisi gelap”. Padahal, nggak sepenuhnya benar, lho.

Okeguys, kali ini akan mengungkap fakta dan mitos deep web yang wajib kamu ketahui. Yuk, simak.

Fakta dan Mitos Deep Web

1.Deep webdan dark web adalah dua istilah yang berbeda

perbedaan deep web dan dark web



Sebelum mengulas lebih jauh fakta dan mitos deep web, kamu wajib memahami perbedaan deep web dan dark web yang sering disamaartikan.

Deep web adalah informasi dalam database internet yang tidak terindeks di mesin pencari, jadi informasi tersebut tidak akan pernah muncul di Google, atau mesin pencari lain.

Sedangkan dark web adalah bagian kecil dari deep web. Selain tidak bisa terlacak oleh mesin pencari, situs dark web juga memiliki alamat server yang tersembunyi.

Cara paling umum yang biasa digunakan untuk mengunjunginya adalah dengan browser khusus yang disebut Tor.

2.Setiap orang kemungkinan besar pernah mengunjungi deep web

membuka deep web



Nggak percaya? yang lebih mengejutkannya, kamu mungkin juga pernah menggunakan deep web setiap hari, lho.

Ketika kamu ingin membayar tagihan kartu kredit, kamu tentunya masuk ke rekening bank. Nah, informasi akun kamu dianggap konten deep web karena google nggak akan mengindeksnya.

Alasan tersebut dilakukan demi keamanan, guys. Dan pastinya kamu nggak mau tetangga sebelah rumah bisa tahu jumlah saldo rekening kamu.

3.Konten deep web lebih banyak dibanding surface web

konten deep web

Perkiraan saat ini, surface web atau internet yang biasa kamu jelajahi terdiri dari 1 miliar dokumen. Sedangkan deep web berisikan 550 miliar dokumen.



 “Terus, kenapa semua konten deep web nggak terdeteksi Google?”

Alasan yang paling masuk akal adalah Google tentunya nggak ingin menyertakan situs perdagangan narkoba atau barang selundupan di hasil pencarian miliknya, kan?

4.Deep web dan dark web tidak dijalankan oleh para kriminal

dibalik deep web

Banyak yang menyalah artikan tentang deep web  dengan dark web atau bagian internet yang lebih gelap. 

Kenyataannya sebagian besar data deep web itu legal dan dijalankan oleh individu dan perusahaan terkemuka, lho.

Di dalam dark web, seperti yang sudah banyak diketahui, kamu bisa menemukan konten-konten yang bersifat ilegal, mulai dari perdagangan terlarang seperti narkoba, senjata api, sampai kartu kredit hasil retasan.

Sekadar informasi, walau hanya dengan mesin pencari seperti Google, sebenarnya kamu juga bisa menemukan situs-situs ilegal seperti yang disebutkan tadi.

5.Tidak ada tingkatan seperti yang digambarkan dalam bagan gunung es

tingkatan deep web

Mitos paling populer tentang deep web adalah infografik dalam bentuk gunung es. Sebenarnya, penggambaran ini tidak sepenuhnya salah.

Tapi pembagian gunung es ini bisa dibilang hanya omong kosong belaka, terlebih tingkatan terdalam yang disebut Mariana Web.

Banyak yang menyebutkan Mariana Web menyimpan berbagai rahasia tentang sejarah manusia, asal usul Tuhan, lokasi pulau Atlantis, serta tak ketinggalan  arsip penting pemerintah dunia yang sangat rahasia.

Yang membuatnya semakin aneh adalah banyak orang yang percaya tentang berita tersebut.

Padahal orang yang membuat infografik tersebut secara gamblang menjelaskan kalau dia nggak tahu apa isi dari Mariana Web.

Itulah pembahasan mengenai fakta dan mitos deep web. Semoga jadi informasi yang bermanfaat dan jangan lupa share ke sosial media kamu, ya.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Full-time writer | OKEGUYS Just keep swimming - Finding Nemo, 2003.

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password