Fakta Dalam Kehidupan Komodo, Yang Belum Kalian Ketahui #savekomodo


OKEGUYS – Fakta Komodo yang mungkin belum kalian ketahui, dan Komodo sedang ramai diprebincangankan warganet saat ini.

Dalam dunia media Twitter, sedang trending hashtag tentang #savekomodo dan masuk dalam daftar paling populer di Indonesia pada hari Senin 26 Oktober 2020.

Kadal raksasa dengan nama latin Varanus komodoensis, ini terdapat 5.700 yang menghuni di Taman Nasional Komodo, dalam tempat yang berbeda-berbeda di dunia.

Sedangankan Taman Nasional Komodo di Indonesia terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang terdiri dari tiga pulau, yaitu Pulau Komodo, Pulau Padar, dan Pulau Rinca.



Komodo

Berikut Fakta Seputar Komodo

Komodo adalah sebagai hewan yang dilindungin, dan masuk dalam daftar warisan dunia, atau World Herritage Site Unesco.

1. Bertahan Hidup dan Karakteristik

Hewan yang disebut sebagai karnivora ini mampu bertahan hidup selama 30 tahun

Memiliki fisik yang kuat kulit tebal bersisik dan kaki yang kuat mampus membuatnya berlari cukup cepat, serta ekor yang kuat dan berotot.

Hewan yang sudah lama hidup dan telah berkembang biak selama jutaan tahun lalu, komodo juga mampu berjalan sejauh tujuh mil perjam loh geng.



2. Ahli Berburu

Komodo juga mempunyai selera makan yang tidak bisa geng, pasalnya ia adalah hewan predator yang dominan, dan hampir memakan apa pun, termasuk bangkai-bangkai yang sudah mati.

Selain itu Komodo mampu berburu dengan sangat cerdik, ia akan berkamuflase dan menunggu mangkasnya lewat dengan sangat sabar, wah hebat ya.

3. Populasi Yang Terancam

Hewan yang satu juga mempunyai kelemahan yang signifikan, dalam hal berkembang biak, kenapa?

Karna adanya turis yang datang dan menawarkan makan kepada komodo yang dapat menggangu proses perkawinannya.

Selain itu masuk juga termasuk adalah acaman dari kelangsungan hidup bagi komodo ini. Dengan adanya orang-orang yang murusak habitat dengan tujuan lain.



4.  Kadal Terbesar

Komodo adalah spesies kadal terbesar yang terbilang mempunyai prilaku agresif, dengan panjang tubuh rata-rata mencapai 2-3 meter.

Hewan yang satu ini menjadi kadal terbesar di Taman Nasional Komodo, dan hanya beberapa Negara saja yang dihuni oleh hewan ini seperti Indonesia, Australia, dan lainnya.

5. Berkembang Biak

Saat siap kawin Komodo betina mengeluarkan bau atau kotorannya, fungsinya untuk memancing Komodo jantan untuk mengikuti baunya, dan ini terjadi hanya dalam satu tahun saja.

Komodo betina juga mempunyai kromosom kelamin jantan dan betina, sehingga ia dapat melakukan produksi sendiri jika Komodo jantan tidak ada, produksi ini dinamakan aseksual dalam proses yang disebut partenogenesis.

Dalam proses produksi partenogenesis ini hanya menghasilkan keturuanan laki-laki saja.

Itulah beberapa fakta Komodo hewan tua yang hidup jutaan tahun lalu dan masih hidup sampai sekarang ini.

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password