Berapakah Durasi Video Ideal untuk Sebuah Konten YouTube?


Di zaman serba digital saat ini, profesi sebagai content creator YouTube tidak bisa lagi dianggap remeh.

Selain bisa terkenal, pendapatan yang diperoleh sebagai YouTuber juga fantastis lho, bahkan bisa sampai miliaran rupiah dalam sebulan.

Tapi, untuk menjadi YouTuber profesional, kamu harus cerdas membuat konten kreatif yang layak dikonsumsi masyarakat. Bukan cuma keren-kerenan doang, ya.



Tak kalah penting, kamu juga perlu memikirkan bagaimana konten video YouTube tersebut tidak bosan ditonton. Karena itu, sebaiknya durasi setiap video tidak perlu lama-lama.

Terlalu panjang, khawatir penonton akan bosan. Terlalu pendek, tidak ada tempat untuk menaruh iklan yang jadi salah satu pemasukan.

Lalu, berapa sih sebenarnya rekomendasi durasi video ideal untuk sebuah konten YouTube?

Pertanyaan soal menentukan durasi video yang tepat memang lazim dihadapi pemula yang ingin menjadi pengisi konten YouTube.

Untuk diketahui nih guys, ternyata durasi video tergantung dari jenis konten apa yang akan kamu unggah di YouTube.



Kalau sifatnya video ulasan produk (unboxing), bisa dibuat dengan durasi 6-10 menit. Apabila ingin ditambahkan review sesuai pengalaman pribadi, paling lama sekitar 15 menit.

Sementara, jika video YouTube review dan unboxing di bawah durasi 10 menit, konten tersebut tidak bisa memakai adsense (iklan) banyak. Kebanyakan ini untuk para YouTuber gaming.

Lain hal pula jika jenis konten video YouTube kamu adalah vlog. Durasi video vlog paling pas biasanya dari 2 menit sampai 10 menit.

Dilansir laman Mynd.com, video berdurasi 2-10 menit memiliki jumlah viewers yang terbilang cukup konsisten.



Selain memikirkan soal durasi, konsistensi dalam mengunggah video juga menjadi kunci penting demi menjaga loyalitas penggemar channel YouTube-mu.

Misalnya, kamu bisa jadwalkan unggah video baru di YouTube sepekan sekali atau dua pekan sekali. Promosi konten video terbaru juga bisa dibantu dengan mengunggahnya di media sosial.

Lalu, pertimbangkan pula fokus tema apa yang akan diangkat dalam konten video YouTube. Kalau bisa, elaborasi isu yang lagi hype di masyarakat atau sesuatu yang kamu sukai tapi bisa berguna juga buat orang banyak.

Terlepas dari itu, alat-alat penunjang dalam menggarap konten video YouTube pun sangat dibutuhkan.

Freelance Writer | OKEGUYS

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password