5 Destinasi di Papua Ini Menarik Untuk Dikunjungi


Tempat wisata di Papua – Papua, terkenal dengan geografisnya yang dikelilingi oleh pegunungan dan lautan. Tidak heran rasanya jika papua menjadi surga tersendiri bagi para wisatawan.

Papua bisa menjadi salah satu destinasi liburan seru, karena di pulau paling timur Indonesia ini. Kalian bisa menikmati indahnya panorama alam yang tak akan pernah habis untuk dijelajahi.

Selain keindahan alam yang melimpah ruah, Papua juga kaya akan kearifan budaya lokal yang masih terus dijaga di era modern saat ini. Berikut beberapa tempat wisata di Papua yang menarik untuk dikunjungi.

1. Raja Ampat



Siapa yang nggak tahu obyek wisata Raja Ampat? Salah satu tempat wisata di Papua ini keindahannya mampu menarik perhatian wisatawaan domestik maupun mancanegara. Kawasan objek wisata ini terdiri dari empat pulau besar yakni: Waigeo, Misool, Salawati, Batanta dan pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Selain pulau-pulaunya yang indah Raja Ampat juga memilliki keanekaragaman biota laut yang bisa kalian nikmati saat kalian melakukan aktifitas menyelam. Selama melakukan penyelaman kalian akan disambut oleh sekitar 1.511 jenis bioata laut, seperti ikan dan penyu.

2. Taman Nasional Teluk Cenderawasih

Tempat wisata di Papua yang satu ini, merupakan sebuah taman nasional dengan luas 1.453.000 hektar. Disini juga dijadikan sebagai kawasan konservasi laut terbesar dan terluas di Indonesia.

Taman Nasional Teluk Cenderawasih, merupakan salah satu spot paling favorit wisatawan untuk melakukan kegiatan snorkling, Tak jarang pula ketika sedang snorkling kita akan bertemu dengan penyu serta lumba-lumba yang seakan mengajak kita untuk berenang bersama.



3. Lembah Baliem

Berlokasi di sekitar pegunungan Jayawijaya, Lembah Baliem merupakan rumah bagi suku Dani, Yali dan Lani. Pada malam hari suhu disini bisa mencapai sekitar 15 derajat celcius, karena posisi Lembah Baliem ini berada di ketinggian 1600 meter di atas laut.

Selain alamnya yang masih alami dan indah, kalian juga bisa bercengkrama dengan penduduk asli yang masih memakai pakaian adat. Pada sekitaran bulan Agustus, disini menjadi destinasi favorit para wisatawan.

Karena selama kurang lebih tiga hari pada bulan tersebut akan diselenggarakan Festival Lembah Baliem, dimana sebenarnya Festival ini adalah pengalihan dari tradisi perang suku yang sering terjadi. Dan oleh pemerintah tradisi tersebut dihentikan, sebagai gantinya pemerintah mengubah tradisi tersebut menjadi pertunjukkan seni dan budaya.

4. Danau Sentani



Danau yang terletak di bawah lereng pegunungan Cycloop ini memiliki luas sekitar 245.00 hektar, dan menjadi danau terluas di Papua. Disini kalian akan merasakan keindahan pulau-pulau yang mengelilingi lembah ini.

Nah, bagi kalian yang ingin berwisata ke Lembah Baliem, disarankan untuk menyewa perahu, supaya kalian bisa mengelilingi pulau-pulau disekitar Lembah Baliem ini.

5. Desa Wisata Sauwandarek

Jika kalian sedang berwisata di Raja Ampat, tidak ada salahnya kalau kalian mampir ke desa wisata sauwandarek, disini kalian bisa bercengkrama langsung dengan suku pesisir asli Papua. Selain itu kalian juga bisa membeli kerajinan asli berbahan dasar daun pandan laut.

Full-time writer | OKEGUYS
A person who likes watching and really likes the world of design, motion, video editing, and writing.

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password