6 Negara Tanpa McDonald’s karena Punya Peraturan Ketat


Selama ini kita berpikir setiap negara udah pasti ada McDonald’s. Bahkan saat jalan-jalan ke luar negeri pun, makanan ‘teraman’ yang kita pilih ya si restoran cepat saji ini. Selain murah, restoran yang punya maskot Ronald ini lebih mudah ditemui dimana-mana. Jadi ketika lapar, pilihan tercepat dan termudah ya si McD!

 

Nah ternyata nih guys, ada negara yang justru melarang McDonald’s beroperasi lho. Ya, keberadaan McD bisa tidak terlihat sama sekali di beberapa negara yang punya peraturan tegas. 

 



Lalu kenapa sih negara di bawah ini melarang McDonald’s beroperasi?

1. IRAN

negara tanpa mcdonald

Iran melarang keras McDonald’s beroperasi karena hubungan politik dengan Amerika Serikat udah sengit dari dulu. Bahkan sejak tahun 1979, restoran cepat saji asal Amerika Serikat ini memang nggak pernah berdiri di negara Iran.

2. BERMUDA

negara tanpa mcdonald

Tak ada McDonald’s di negara Bermuda. Soalnya, negara yang berada di seberang laut Britania Raya ini memang tidak menerima restoran asing yang beroperasi. Bahkan peraturan ini sudah diimplementasikan sejak 1970. 



Meski begitu, McDonald’s sempat ada di Bermuda pada 1995. Mereka mendirikan restoran cepat saji ini di Naval Air Station milik AS yang ada di Bermuda. Namun karena lapangan udara milik AS juga udah tidak beroperasi lagi di tahun yang sama, McDonald’s jadi tinggal kenangan. 

Setelah tahun 1995, tak ada restoran asing lagi di Bermuda. Keren ya, mendukung produk lokal banget!

3. MAKEDONIA UTARA

negara tanpa mcdonald

Dulunya ada tujuh McDonald’s yang beroperasi di negara Makedonia Utara. Ketujuh restoran cepat saji itu berada di pusat kota bernama Skopje. Namun seluruh restoran McD di Skopje lenyap. Isunya, pemilik franchise dinyatakan bangkrut.

4. KOREA UTARA

negara tanpa mcdonald



Yah, kalau negara ini sih sudah nggak heran lagi sih ya kalau peraturannya ketat banget. Jangankan melarang McDonald’s karena hubungan dengan Amerika cukup buruk, gaya rambut aja diatur banget. 

Bahkan nih, saking ketatnya, menurut Telegraph, seorang warga Korea Utara sampai menyelundupkan McDonald’s demi memuaskan hasratnya untuk menyantap makanan restoran cepat saji asal Amerika.

5. MONTENEGRO

negara tanpa mcdonald

Tahun 2003, McDonald’s beroperasi di Montenegro. Mereka mendirikan restoran cepat saji di sebuah toko kecil. Harapannya sih supaya bisa semakin besar dan permanen. 

Walaupun penduduk negara yang terletak di Eropa Selatan ini menyambut baik si McD, pemerintah di sana tetap melarang keberadaan McDonald’s sebagai restoran permanen demi mendukung lokal bisnis.

6. ISLANDIA

negara tanpa mcdonald

Tahun 2009 perekonomian Islandia memburuk. Nah, keberadaan McDonald’s di pusat kota sudah ada sejak tahun 1993. Namun, karena kondisi perekonomian lagi lemah, membuat para penduduknya lebih sering mengonsumsi makanan di restoran cepat saji itu, guys.

Lalu, pemerintah pun khawatir dengan kesehatan penduduknya karena makan junk food. Sehingga tahun 2009, Islandia memutuskan untuk menutup McDonalds. Nggak heran sih, soalnya Islandia terkenal sebagai negara yang paling sehat.

Sekarang sudah tahu kan mana aja negara tanpa McDonald’s?

Freelance Writer at OKEGUYS.COM

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password