Inilah Beberapa Cara untuk Cek IMEI Ponsel


Mulai tanggal 18 April yang lalu, pemerintah resmi menerapkan aturan baru soal IMEI (International Mobile Equipment Identity) yang terdapat pada perangkat elektronik seperti smartphone, komputer genggam, hingga tablet.

Hal ini bertujuan untuk memberantas produk black market yang beredar di pasaran. Apabila nomor IMEI-nya tidak valid, maka perangkat tersebut tidak bisa digunakan untuk berkomunikasi.

Gimana sih caranya untuk tahu nomor IMEI tersebut? Nah, berikut ini OKEGUYS bakal kasih nih cara buat ngecek nomor IMEI di ponsel kalian. Ini dia beberapa caranya:

1. Lihat di Bagian Belakang Ponsel

Inilah Beberapa Cara untuk Cek IMEI Ponsel

(canva) – Bagian belakang pada ponsel.



Biasanya beberapa di ponsel, nomor IMEI disematkan pada belakang casing. Nomor ini terpatri dengan beberapa keterangan singkat tentang seri ponsel. Namun, rata-rata ponsel keluaran terbaru sudah menghilangkan keterangan pada bagian casing agar terlihat lebih “bersih”. Jadi, kemungkinan kecil kalian bisa menemukan nomor IMEI di bagian belakang casingnya.

2. Lihat di SIM Card Tray

Inilah Beberapa Cara untuk Cek IMEI Ponsel

(canva) – SIM Card Tray

IMEI juga terletak di SIM Card Tray lho guys, tempat yang digunakan untuk memasukan SIM Card ini terdapat nomor IMEI di bagian dalam. Sebenernya jadi susah sih liatnya, karena ukurannya kecil banget.

3. Ada di Kotak Ponsel

Inilah Beberapa Cara untuk Cek IMEI Ponsel

(canva) – ilustrasi kemasan ponsel.

Yang ini paling gampang sih, lebih gampang daripada cara-cara diatas. Nomor IMEI terletak pada bagian sticker yang menempel di kotak kemasan ponsel kalian. Jika stickernya sudah tidak ada, bisa ikuti cara selanjutnya ya.



4. Cek di Menu Pengaturan

Inilah Beberapa Cara untuk Cek IMEI Ponsel

(okeguys) – Cara mengecheck nomor IMEI melalui menu pengaturan.

Kalian bisa mengecheck nomor IMEI lewat menu pengaturan yang ada di ponsel. Caranya, buka menu pengaturan kemudian cari menu terkait sistem ponsel lalu cari keterangan IMEI. Untuk ponsel iPhone, bisa di cek lewat Settings > General dan pilih About.

5. Melakukan panggilan ke *#06#

Inilah Beberapa Cara untuk Cek IMEI Ponsel

(okeguys) – Cara cek IMEI dengan panggilan ke *#06#.

Ini mungkin jadi yang terampuh, kalian bisa mengecek IMEI dengan melakukan panggilan ke *#06#. Setelah memanggil nomor tersebut, otomatis akan keluar keterangan IMEI. Cara ini bisa digunakan di semua ponsel ya guys.

Nah, itu dia beberapa cara untuk mengetahui nomor IMEI pada ponsel kalian. Biar makin yakin, kalian bisa melakukan validasi lewat situs imei.kemenperin.go.id. Pastikan yaa ponselnya terdaftar agar bisa digunakan secara maksimal.



Full-time writer at OKEGUYS Most topics about Gadget, Football & Games.

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password