Cara Setting OBS Studio Agar Tidak Lag Saat Melakukan Live Streaming


Ngomongin soal Live Streaming pakai OBS, kalian pasti pernah ngalamin lag saat melakukan live. Cara mengatasinya cukup mudah, saya akan memberi tahu kalian bagaimana cara setting OBS Studio agar tidak leg.

OBS Studio adalah aplikasi perekam yang paling populer dikalangan youtuber, namun untuk para pemula hal ini mungkin masih baru untuknya.

Tenang, untuk kalian yang masih belum tahu dan tidak paham bagaimana cara mengatasi lag pada OBS Studio, berikut ini tutorialnya.

BACA JUGA CARA MIRRORING ANDROID KE PC TANPA DELAY

Cara Setting OBS Studio

Pada dasarnya, kenapa terjadinya lag saat sedang live streaming? mungkin salah satunya adalah aplikasi OBS tersebut belum kalian setting. kenapa kalian harus mensettingnya terlebih dahulu?

Itu dikarnakan spesifikasi PC yang kalian pakai belum terlalu support untuk melakukan live streaming, terjadilah lag saat melakukan live.

Namun kalian tidak perlu cemas, karna saya akan memberikan tips cara mengatasi leg pada OBS, berikut ulasan lengkapnya.

Langkah 1 – Buka OBS

Cara pertama, buka OBS kalian, lalu pergi ke menu Setting>Output, lalu ubah menu Simpel ke Advanced, seperti gambar berikut:

cara setting obs


 

Langkah 2 – Setting Live Streaming

Aktifkan Rescale Output lalu ubah ukurannya menjadi 1280×720 dan edit bitrate menjadi 2000 Kbps agar tidak terlalu berat, saat live streaming, lalu ubah juga CPU ke Veryfast, berikut contoh gambarnya:

cara setting obs studio

 

Langkah 3 – Setting Ukuran Video

Selanjutnya kalian pergi ke setting video lalu ubah resolusi menjadi HD atau 1280×720, dan setting menu Downscale Filter menjadi Lanczos, untuk FPS kalian bisa gunakan 30 FPS saja karna untuk berjaga-jaga agar tidak terjadinya lag. Berikut gambarannya:

cara setting obs studio tanpa leg


Juga sudah jangan langsung klik ok, karna settingan tersebut tidak akan tersimpan, Klik Apply untuk menyimpannya.

Kesimpulan

Jika Masih terjadinya lag, pastikan kembali PC yang kalian gunakan sudah support untuk live streaming, dan pastikan sudah mengikuti langkah-langkah dengan benar.

Selesai, kalian sudah bisa langsung live streaming tanpa lag lagi deh, Selamat mencoba, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian. Dan jangan lupa ikuti terus artikel seputar tutorial hanya di OKEGUYS.COM.

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password