Cara Mengubah Ukuran Beberapa Gambar Sekaligus di Windows 10


Ingin mengubah ukuran beberapa gambar sekaligus di Windows 10? Gampang! Kamu dapat menggunakan Microsoft PowerToys.

Utilitas Microsoft PowerToys memudahkanmu dengan cepat melakukannya langsung dari File Explorer dengan klik kanan, sehingga tidak perlu membuka editor gambar lagi.

Apa itu PowerToys Image Resizer?

Microsoft PowerToys memiliki fitur Image Resizer, sehingga kamu yang ingin mengubah ukuran banyak sekaligus tidak perlu memakan waktu lama. Hanya dengan beberapa klik di Windows 10.

Rangkaian utilitas PowerToys dapat diakses gratis bagi pengguna Windows 10.



Saat dikonfigurasi sepenuhnya, Image Resizer memungkinkan kamu mengklik kanan sekumpulan gambar di File Explorer (atau di desktop kamu), dan mengubah ukurannya ke ukuran yang telah dikonfigurasi sebelumnya.

Nantinya, hasil gambar tadi yang ukurannya sudah diubah akan tersimpan otomatis di lokasi komputer yang telah ditentukan.

Langkah 1: Instal PowerToys dan Aktifkan Image Resizer

Pertama, jika kamu belum memilikinya -tidak dipasang secara default di komputer atau PC- kamu perlu mengunduh Microsoft PowerToys dari situs web Microsoft.

Rilis terbaru biasanya tercantum di bagian atas halaman unduhan itu. Cari file EXE seperti “PowerToysSetup-0.27.1-x64.exe”. Download dan jalankan (run) file tersebut.

Setelah proses instalasi selesai, luncurkan PowerToys dari desktop atau menu Start.



Kemudian, klik “Image Resizer” di sidebar. Kemudian pastikan sakelar “Enable Image Resizer” dalam posisi “On”.

Selanjutnya, kamu dapat menutup jendela Microsoft PowerToys dan mencoba mengubah ukuran banyak gambar di File Explorer.

Langkah 2: Ubah Ukuran Gambar di File Explorer atau Desktop

Setelah Image Resizer diaktifkan, mengubah ukuran gambar hanya dengan beberapa klik saja di Windows 10. Mudah sekali, bukan?

Pertama, temukan gambar yang ingin diubah ukurannya di File Explorer atau di desktop kamu.



Pilih sekelompok gambar tersebut, lalu klik kanan. Di menu yang muncul, pilih “Resize pictures”.

Jendela Image Resizer akan terbuka. Pilih ukuran gambar yang kamu inginkan dari daftar (atau masukkan ukuran kustom), pilih opsi yang kamu inginkan, lalu klik “Resize”.

Setelah itu, gambar yang diubah ukurannya akan muncul di folder yang sama dengan gambar sumber. Kamu bisa melakukan ini dengan gambar sebanyak apapun yang kamu inginkan.

Langkah Opsional: Konfigurasi Pengaturan Pengubah Gambar

Jika kamu ingin konfigurasi ukuran gambar yang tercantum di jendela Image Resizer yang muncul saat kamu mengubah ukuran gambar, launch PowerToys, lalu klik “Image Resizer” di sidebar.

Di halaman opsi Image Resizer, kamu akan melihat tiga bagian utama yang memungkinkan kamu melakukan konfigurasi cara kerja Image Resizer.

Pertama, kamu akan melihat bagian yang disebut “Image sizes” yang menentukan sekumpulan profil yang akan kamu pilih saat menjalankan Image Resizer.

Di sini, kamu dapat mengedit salah satu profil yang disertakan atau menambahkan ukuran kustom sendiri yang telah ditentukan sebelumnya.

Selanjutnya, kamu akan melihat bagian “Encoding”. Secara default, Image Resizer akan menyimpan gambar yang diubah ukurannya dalam format file sumber.

Tetapi jika gagal, hasilnya akan menyimpan gambar dalam format yang ditentukan dalam opsi “Falback encoder”. Kamu juga bisa menentukan tingkat kualitas JPEG, interlace PNG, atau kompresi TIFF.

Terakhir, silahkan tentukan format nama file gambar yang telah diubah ukurannya itu melalui bagian “File”.

Secara teknis, kamu tidak perlu mengubah salah satu setelan ini untuk menggunakan Image Resizer. Akan tetapi, sebaiknya kamu memahami betul cara kerja fitur Image Resizer pada Microsoft PowerToys.

Silahkan dicoba saja ya, Goodguys! Selamat berkreasi..

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password