Cara Menggunakan “Personal Vault” di OneDrive untuk Mengamankan File


Layanan penyimpanan cloud Microsoft OneDrive sekarang sudah menyertakan fitur “Personal Vault” untuk melindungi file sensitif kamu.

Melalui ‘Personal Vault’, file-file OneDrive akan dienkripsi dan dilindungi dengan verifikasi dua faktor tambahan, bahkan ketika file tersebut disinkronkan ke PC Windows 10.

Personal Vault OneDrive sendiri dirilis pertama kali pada 30 September 2019 lalu. Vault berfungsi untuk PC Windows 10, Android, iPhone, iPad, dan browser web onedrive.live.com.

Apa itu “Personal Vault” di Microsoft OneDrive?



‘Personal Vault’ adalah semacam area penyimpanan ekstra aman untuk file-file penting tertentu di OneDrive.

Misalnya, jika kamu akan menyimpan dokumen keuangan sensitif atau salinan paspor di OneDrive, kamu mungkin ingin memasukkannya ke dalam Personal Vault untuk keamanan ekstra.

Nantinya, Personal Vault memerlukan autentikasi tambahan sebelum kamu dapat mengakses file apa pun di dalamnya.

Jadi, setiap kali kamu mengaksesnya, kamu harus memberikan kode otentikasi dua faktor, kode PIN, otentikasi sidik jari, atau otentikasi wajah.

Di Windows 10, kamu dapat menggunakan Windows Hello untuk autentikasi ‘Personal Vault’. Jika kamu mengaksesnya dari situs web OneDrive, itu tidak akan di-cache oleh browser.



Personal Vault mengenkripsi file di dalamnya. Di Windows 10, Personal Vault menyimpan file-file ini di area hard drive yang dienkripsi BitLocker.

File yang disimpan di Personal Vault tidak dapat dibagikan dengan siapa pun. Meskipun kamu membagikan file dan ingin memindahkannya ke Personal Vault, opsi ‘Share’ otomatis dinonaktifkan untuk file tersebut.

Dengan aplikasi OneDrive di ponsel, kamu dapat memindai dokumen dan mengambil foto langsung dari Personal Vault, menyimpannya di lokasi yang aman.

Mengapa harus menggunakan Personal Vault? Itu karena layanan cloud storage besar lainnya seperti Dropbox, Google Drive, dan Apple iCloud Drive belum menawarkan fitur serupa.

Sebagai catatan, Personal Vault ini hanya tersedia di OneDrive Personal. Tidak tersedia di OneDrive Business ya, Goodguys.



Cara Menggunakan Personal Vault di Microsoft OneDrive

Untuk menggunakan Personal Vault, kamu cukup buka folder OneDrive kamu dan klik atau ketuk folder “Personal Vault”.

Kamu dapat melakukan ini pada PC Windows 10 melalui situs web atau dengan menggunakan aplikasi ponsel cerdas -apa pun yang kamu inginkan.

Misalnya, di Windows 10, cukup membuka File Explorer, klik “OneDrive” di bar samping, dan klik dua kali “Personal Vault”.

Saat pertama kali kamu membukanya, OneDrive akan memerlukan otorisasi User Account Control untuk aktifkan Personal Vault -kemungkinan karena fitur BitLocker yang digunakannya.

Klik melalui wizard pengaturan singkat untuk mengatur semuanya.

Tempatkan file apa pun yang ingin kamu amankan ke Personal Vault.

Kuncinya akan tetap terbuka sampai kamu tidak aktif selama dua puluh menit.

Kamu juga dapat langsung menguncinya dengan mengklik kanan dalam folder Personal Vault dan memilih “Lock Personal Vault”.

Saat kamu mencoba mengakses Personal Vault saat terkunci, kamu akan dimintai autentikasi tambahan.

Misalnya, jika kamu telah menyiapkan otentikasi dua faktor untuk akun Microsoft, kamu akan dimintai kode otentikasi.

Ini berfungsi sama seperti jika kamu masuk ke akun Microsoft dari perangkat baru untuk pertama kalinya.

Kamu akan menemukan Personal Vault di folder utama akun OneDrive di setiap platform yang didukung, dari Windows 10 hingga situs web hingga aplikasi ponsel cerdas.

Buka saja untuk membukanya dan mengakses file di dalamnya.

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password