Tutorial Cara Mengaktifkan Fitur Keamanan Enkripsi ‘End to End’ di Zoom


Aplikasi Zoom meluncurkan fitur keamanan enkripsi end-to-end (E2EE). Dari penamaannya, fitur ini memungkin tiap pengguna Zoom untuk melakukan percakapan conference video lebih aman secara menyeluruh, baik berbayar atau tidak.

Fitur enkripsi end-to-end Zoom dapat digunakan dengan mengakses Zoom via laptop/PC, Mac, iOS, Android dan Zoom Rooms. Namun, fitur E2EE ini diketahui tidak tersedia di web client atau aplikasi pihak ketiga yang menggunakan Zoom SDK.

Cara Mengaktikan Fitur Keamanan Enkripsi ‘End to End’ di Zoom

Fitur keamanan End to End di Zoom

Untuk diketahui, fitur keamanan enkripsi End to End di Zoom menggunakan enkripsi 256-bit-AES GCM yang akan mengamankan Zoom secara default.



Kamu sendiri sudah pernah tahu belum soal fitur keamanan E2EE di aplikasi Zoom ini, Goodguys? Nah, kalau memang belum tahu, kali ini OKEGUYS bakal menjelaskan tutorial cara mengaktifkan fitur E2EE di Zoom.

Penasaran seperti apa? Langsung simak ulasan berikut, yuk!

  1. Pertama, kamu harus masuk (login) terlebih dahulu ke situs resmi Zoom atau bisa juga melalui aplikasi Zoom yang sudah diunduh.
  2. Lakukan login menggunakan akun Zoom masing-masing.
  3. Setelah aplikasi terbuka, pilih menu ‘Profile’, kemudian pilih menu ‘Setting’.
  4. Pada menu ‘Setting’, pilih ‘Meeting’ dan selanjutnya klik ‘Security’.
  5. Scroll (gulir) ke bawah sampai kamu menemukan bagian “Allow use of end to end encryption”.
  6. Apabila belum aktif, geser saja toggle dan klik “Turn On”.
  7. Bagi kamu pengguna aplikasi Zoom gratis, cukup masukkan nomor ponsel untuk verifikasi.
  8. Lalu, pilih dua opsi antara “enhanced encryption” atau “end to end encryption”. Tujuannya untuk memudahkan kamu dalam menjadwalkan atau memulai video konferensi.

Catatan:

Ketika mengaktifkan fitur keamanan E2EE di Zoom, ada beberapa fitur lain yang secara otomatis tidak berfungsi, seperti breakout rooms, poling, bergabung sebelum host masuk, cloud recording, streaming, transkripsi langsung, percakapan pribadi antar pengguna secara privat, dan memberikan reaksi berupa emoji.

Kamu tidak perlu khawatir dengan keamanan yang ada di aplikasi Zoom. Karena, Zoom tetap menjamin keamanan enkripsi setiap pengguna secara menyeluruh tanpa harus mengaktifkan E2EE terlebih dahulu.



Fungsi pengaktifan fitur keamanan enkripsi hanya akan menyimpan data antara peserta rapat dan server Zoom, demikian dilansir OKEGUYS dari Life Hacker, Rabu (4/11/2020).

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password