Cara Cek KTP Online dengan Mudah dan Cepat


Sebagian orang di Indonesia memang masih banyak yang belum memiliki KTP elektronik. Padahal E-KTP sangat berguna untuk berbagai macam keperluan, salah satunya untuk cek KTP online.

Saat ini semua warga negara Indonesia diwajibkan untuk memiliki E-KTP sebagai tanda pengenal yang sah. Dengan adanya E-KTP, maka setiap penduduk bisa mendapatkan haknya masing-masing.

Tapi sayangnya di era yang sudah sangat modern seperti sekarang ini, masih cukup banyak orang yang tidak tahu cara memeriksa status KTP secara online.

Padahal demi memudahkan pelayanan masyarakat, saat ini semua kebutuhan administrasi kependudukan sudah bisa dilakukan secara online.



Cara Cek KTP Online

KTP elektronik sendiri hanya mengizinkan satu orang untuk memiliki satu Nomor Induk Kependudukan. Hal ini memudahkan pemerintah, untuk mendeteksi segala seseuatu tentang penduduk mereka.

Setiap layanan kependudukan atau pemerintahan yang berbasis online, mewajibkan NIK penduduknya terdaftar di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil).

Jika NIK seseorang sudah terdaftar di Disdukcapil, maka selanjutnya ia bisa cek KTP secara online ataupun cek NIK secara online.

Cara Cek KTP Online

Adapun cara cek KTP online bisa dilakukan dengan beberapa opsi, di antaranya adalah:



1. Cek KTP Online Melalui Situs atau Website

Cara cek KTP yang pertama adalah melalui situs web resmi milik pemerintah Kota ataupun Kabupaten.

Biasanya jika nomor NIK sudah terdaftar di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, maka setiap orang yang memasukan nomor NIK miliknya pada situs tempat cek KTP online, maka data si pemegang E-KTP akan ditampilkan.

Tapi belum semua pemerintah Kota dan Kabupaten menyediakan layanan cek NIK online. Sehingga cara memeriksa E-KTP dengan opsi ini belum tersedia secara menyeluruh di Indonesia.

Salah satu situs cek KTP online yang bisa kalian kunjungi adalah miliki Pemerintah Kabupaten Tegal, melalui URL https://disdukcapil.tegalkab.go.id/informasi/cek_ktp_el.

2. Cek KTP Online Menggunakan Card Reader

Salah satu cara cek KTP yang paling mudah adalah dengan menggunakan alat pembaca kartu elektronik, atau yang disebut card reader.



Alat ini dapat dengan mudah membaca dan menampilkan data diri pemilik E-KTP itu sendiri. Tapi sayangnya, alat pembaca kartu ini keberadaannya sangat terbatas, dan biasanya hanya tersedia di instansi pemerintah saja, seperti di kantor Disdukcapil.

3. Cek KTP Secara Online Melalui Aplikasi

Cara lain yang bisa digunakan untuk memeriksa status KTP elektronik, adalah dengan menggunakan aplikasi cek KTP online.

Ada sejumlah aplikasi semacam ini yang tersedia di Google Play Store. Salah satu aplikasi yang bisa kalian gunakan adalah Dukcapilceria Mobile Padang Pariaman, ataupun Dukcapil dalam Genggaman.

Tapi sayangnya layanan cek KTP melalui aplikasi, tidak tersedia secara keseluruhan di Indonesia. Hanya beberapa Kota atau Kabupaten di Indonesia saja yang menyediakan layanan ini.

Itulah beberapa cara cek E-KTP online, serta cara cek NIK melalui aplikasi ataupun situs web resmi, yang dikelola oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

SEO Manager | OKEGUYS Tech enthusiast who are also interested in movie and music.

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password