Cara Bersihin Sneakers, Cocok Nih di Musim Hujan


Wilayah Jakarta dan sekitarnya dilanda musim hujan. Di saat seperti ini, ada banyak hal yang perlu dijaga.

Kesehatan tentu yang utama. Namun jangan lupakan juga dengan hal lain yang tak kalah penting, sneakers kalian guys!

Jalanan yang becek, tanpa adanya ojek, bisa mengotori sneakers kesayangan kalian. Tentu kalian nggak mau hal itu terjadi kan?

So, jaga sneakers kalian.

Tapi…kalau sneakers kalian terlanjur kotor karena hujan, ada beberapa tips untuk membershkannya.

Oke guys, jadi gini:

Tips Membersihkan Sneakers

Cara Bersihin Sneakers
Ada beberapa cara membersihkan sneakers berdasarkan jenisnya. (pexels.com)

Membersihkan sneakers tak boleh sembarangan. Setiap sneakers yang memiliki bahan berbeda-beda.

Udah pasti, cara membersihkannya pun berbeda-beda. Jika salah langkah, kalian tanggung sendiri yah akibatnya.

Sneakers berbahan Kulit

Cara Bersihin Sneakers
Ilustrasi sneaker berbahan kulit. (pexels.com)

Mungkin kalian tahu Nike Air Jordan 1 Mid atau Adidas Superstar 80s. Keduanya merupakan tipe sneakers yang memiliki bahan dasar kulit.

Kalian bisa menggunakan pasta gigi untuk membersihkannya. Pilihlah pasta gigi tanpa butiran kristal dan memiliki warna putih.

Bilas terlebih dahulu menggunakan air sebelum kemudian menyikat sepatu dengan perlahan.

Sneakers Tipe Yeezy atau Flyknit

Cara Bersihin Sneakers
Sneakers tipe yeezy. (pexels.com)

Bisa nggak sih bersihin sneakers dengan sabun dan air? Bisa aja, tapi beberapa jenis sepatu membutuhkan perawatan ekstra.

Contohnya sneakers tipe Yeezy atau Flyknit. Pembersihan secara lembut perlu dilakukan dan bisa menggunakan pembersih berbasis air.
Jangan pernah menggunakan pemutih. Apalagi kalo bersihinnya pake mesin cuci. Emang ada yang begitu? Hayo ngaku!

Sneakers Berbahan Kanvas

Cara Bersihin Sneakers
Sneaker berbahan kanvas. (pexels.com)

Sneakers jenis ini biasanya lebih muda kotor guys. Tapi, ada tapinya nih.

Sneakers dengan bahan kanvas biasanya juga lebih mudah dibersihkan.

Ada cairan keren yang bisa kalian gunakan, yaitu campuran air dan hidrogen peroksida dengan takaran yang sama. Tambahin dikit soda pengembang.

Itu untuk membersihkan permukaan kanvas yah. Bukan untuk mencuci sampai bagian dalem yah.

Tips Bersihin Tali Sneakers

Cara Bersihin Sneakers
Tali sneakers juga harus dibersihin loh. (pexels.com)

Tali sepatu juga bagian penting dari sneakers kalian. Kalo kotor, jelas ganggu penampilan.

Cara membersihkan tali sneakers cukup mudah kok. Cuci menggunakan air suam-suam kuku dan sabun pembersih lembut. Untuk tali sepatu yang sangat kotor, rendam selama beberapa jam.

Kalo kalian nggak pengen sneakers kalian kotor, ya simpen aja sih. Masukin dalam kotak atau kantong dengan beberapa silica gel untuk menyerap lembab dan menghindarkannya dari jamur.

Editor in Chief | OKEGUYS
I am an experienced journalist.
Pernah mengabdi di Kompas.com, Viva.co.id, Bola.com dan BBM Indonesia.

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password