Bedanya Waveform dan Multitrack Editor di Adobe Audition


Oke guys, tutorial kali ini kita akan membahas bagian dari Adobe Audition yang acap kali kalian lihat sebagai salah satu penggunanya. Yakni membahas tentang perbedaan dari Waveform dan Multitrack Editor.

Waveform dan Multitrack Editor sebetulnya sama-sama editor audio di Adobe Audition. Hanya saja masing-masing keduanya punya peranan yang berbeda dalam memenuhi kebutuhan si pengguna Adobe Audition.

Apa saja perbedaannya? Langsung aja deh kita ke pembahasan!

Bedanya Waveform dan Multitrack Editor di Adobe Audition

Jumlah Track



Perbedaan yang paling mendasar adalah jumlah Track, di mana Waveform diperuntukkan single-track dan Multitrack untuk beberapa Track di dalam sebuah project. Sampai sini, kalian harus bisa paham nih, kira-kira mau pakai editor yang mana. Perkirakan jumlah Track yang kamu perlukan, semisal hanya 1 kalian gunakan Waveform, kalau lebih gunakan Multitrack editor.

Tampilan

Nah, dari segi tampilan aja udah beda nih. Kalau Waveform menampilkan spektrum audio yang lebih mendetail karena berfokus pada 1 audio klip saja, sedangkan pada Multitrack editor terbilang tampilannya terlihat sedikit rumit karena fokusnya terpecah-pecah ke beberapa Track yang bisa melebihi 1 audio klip.

Fleksibilitas

Ketika kalian melakukan ‘Delete’ pada bagian tertentu di sebuah klip, apabila kalian lakukan di Waveform editor maka potongan tersebut akan menghilang langsung. Sedangkan pada Multitrack editor, kalian lebih bebas memotong, menggeser maupun mengembalikan klip audio. Menggeser, duplikat, menyusun klip akan terasa lebih mudah dengan Multitrack, sehingga terbilang lebih fleksibel.



Perubahan Spektrum

Terlihat perubahan bentuk spektrum yang lebih mendetail setelah pengaplikasian efek ketika kalian menggunakan Waveform, sehingga kalian bisa mengira-ngira bagaimana hasil output nantinya dari naik turunnya spektrum tersebut. Sedangkan pada Multitrack, tidak terlihat perubahan gambar spektrum setelah mengaplikasikan efek, sehingga output hanya diperkirakan dari pendengaran atau audio level.

Pengaplikasian Efek

Keduanya sama-sama bisa mengaplikasikan multiple effects, perbedaannya setelah diaplikasikannya. Akan terasa lebih bebas ketika kalian menggunakan Multitrack, karena efek yang kalian pilih akan nampak terpisah dalam sebuah rak. Hal tersebut yang juga membedakan dengan Waveform editor. Sehingga, pada Multitrack editor kalian lebih bebas serta fleksibel meng-explore efek yang kalian gunakan. Kalian bebas mematikan salah satu efek, menggeser efek atau mengedit efek yang sudah kalian aplikasikan di Multitrack.

Mana yang lebih baik? Jawabannya tergantung kebutuhan kalian dalam mengolah audio.



Kalau menurut kalian bagaimana? Coba kasih tau di kolom komentar ya!

Selamat mencoba dan berkreasi ya!

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password