Bedanya Headset, Headphone dan Earphone


OKEGUYS! Headset, Headphone, dan Earphone bukanlah istilah baru bagi kita, dan bahkan kamu pasti sudah tidak asing mendengarnya. Apalagi kalau kamu yang sering menikmati musik, atau komunikasi dengan alat wearable ini.

Pasti sering banget kamu terbalik dalam menyebutkan antara Headset, Headphone dan Earphone. Secara umum, tiga alat itu memang memiliki kegunaan yang tidak jauh sebagai alat untuk mendengarkan suara langsung ke telinga.

Namun juga, tiga alat audio ini memiliki perbedaan. Bedanya apa Guys? Nah agar anda semakin tahu, yuk simak pada penjelasan di bawah ini!

 



Perbedaan Antara Headset, Headphone dan Earphone

1. Headset

Headset

Photo: https://www.alzashop.com/

Guys, perangkat audio yang satu ini merupakan campuran dari dua device yaitu Headphone/Earphone (perangkat output audio) dan mikrofon (perangkat input audio). Biasanya, Headset dihubungkan dengan sound card pada komputer melewati kabel input dan output audio.

Bentuk yang besar paling mudah untuk kamu menikmati suara dengan lebih maksimal. Di samping itu, headset dapat digunakan untuk kebutuhan seperti video call, skype, dan game online. Pada sebelah kanan atau kirinya, biasanya terdapat mikrofon kecil sebagai output dari Headset ini.

2. Headphone

Headphone

Photo: https://www.forbes.com/

Selain dari Headset, ada juga perangkat bernama Headphone. Headphone memiliki desain yang sekilas tidak jauh dengan headset. Bedanya adalah, Headphone tidak memiliki mikrofon di bagian sampingnya, sehingga Headphone hanya dapat digunakan untuk mendengarkan.



Biasanya, Headphone dapat di gunakan untuk kebutuhan seperti editing audio atau video, serta menikmati musik dari PC, MP3 Player, dan CD Player. Pada ukurannya yang terdapat dua tipe Headphone, yaitu:

  • Full Size/Over Ear Headphone
  • On Ear Headphone

Headphone cenderung lebih portabel, sebab ukurannya lebih kecil. Namun, menurut OKEGUYS On Ear Headphone tidak cukup nyaman untuk dipakai, karena ukurannya yang nanggung.

3. Earphone

Earphone

Photo: https://www.indiamart.com/

Selanjutnya ini ada Earphone, Guys.

Secara fungsi, Earphone juga hampir sama dengan Headset dan Headphone. Bedanya ialah, Earphone bentuknya lebih simpel, dan kecil. Biasanya, Earphone dapat dipakai untuk apa saja seperti menikmati musik atau menyaksikan video di smartphone.



Tapi, Earphone ini tidak dapat dipakai untuk berkomunikasi, biasanya juga dapat digunakan untuk menikmati musik saja. Earphone punya satu saudara kembar yang bisa digunakan untuk berkomunikasi dan mendengarkan, yaitu Handsfree. Namun dilihat dari bentuknya, terdapat dua tipe earphone yaitu:

  •  In-Ear Monitor (IEM)
  • Earbud

Nah itu dia Guys perbedaan antara Headset, Headphone dan Earphone. Gimana Guys, sudah paham dan jelas belum?.

Hmmm jadi jangan salah ucap lagi nih ya pasti yang mana Headset, Headphone dan Earphone. Karena seringkali orang ucap Headset, tetapi yang ia tunjuk atau pilih adalah Headphone hehe. Untung aja yang diambilin Headphone, takutnya malah diambilin ClubPhone (dibaca:Klepon). Semoga bermanfaat dan dapat dipahami ya Guys!

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password