Beberapa Fitur Baru di Android 11


Google telah merilis Preview Developer untuk Android 11, ada beberapa fitur baru di Sistem Operasi ini yang cukup menarik.

Apa aja fiturnya? Yuk kita bahas.

Google menjanjikan untuk membuat beberapa perubahan besar di OS terbaru mereka ini, seperti peningkatan dukungan untuk 5G, fitur privasi yang lebih baik, dan diperbaruinya tampilan antarmuka pesan.

Nah, pratinjau ini benar-benar hanya untuk pengembang aja. Jadi, baru tersedia untuk beberapa gadget keluaran Google seperti Pixel 2, 3, 3A, atau 4, dan hanya dapat diinstal dengan cara flash penuh yang berarti akan menghapus semua data di device. Gak disarankan untuk memasang di device yang biasa dipakai sehari-hari karena kemungkinan masih banyak bug dan bisa menyebabkan kegagalan.



The Verge memberikan bocoran untuk fitur terbaru Android 11 ini, diantaranya:

Chat Bubbles – Seperti chat pada Facebook, fitur “gelembung” ini pada awalnya direncanakan untuk jadi bagian dari Android 10. Nah fitur chat bubbles ini sekarang udah disempurnakan dengan tampilan baru. Ini juga bertujuan membuat beberapa percakapan mudah diakses di mana saja melalui gelembung mengambang. Saat ini, baru aplikasi pesan dari Google sendiri yang memiliki dukungan untuk fitur ini, mungkin kedepannya aplikasi lain seperti WhatsApp, Facebook Messenger, atau Signal akan bisa memanfaatkan fitur ini.

Percakapan – Notifikasi pesan akan terpecah sesuai aplikasinya, seperti email, suka Instagram, dan pembaruan aplikasi. Jadi, fungsinya untuk membuat bagian notifikasi tersebut lebih mudah diakses dalam mengirimkan pesan.

Izin aplikasi yang lebih baik – Android 11 menambahkan opsi untuk memberikan izin sementara ke aplikasi kamera, mikrofon, dan data lokasi. Hal ini bakal membuat privasi jauh lebih aman.

Perekam layar – Google sudah memiliki versi ini di beta Android 10 namun tidak dirilis di versi finalnya. Tetapi perekam layar ini kembali muncul dan memiliki tampilan yang bagus saat ini. Bisa jadi fitur tersebut akan ada di Android 11 versi finalnya.



Gak cuma fitur diatas yang hadir di OS Android terbaru ini, ada juga perubahan kecil yang dilakukan untuk menyempurnakan beberapa fitur Android:

  • Dark mode yang diaktifkan secara otomatis.
  • Gestur Motion Sense terbaru untuk memutar atau menghentikan musik (Hanya khusus di Pixel 4)
  • Meningkatkan sensitivitas sentuhan di Pixel 4
  • Untuk mengaktifkan mode pesawat tidak lagi mematikan koneksi Bluetooth untuk keperluan audio.
  • Ada fitur tersembunyi untuk tampilan antarmuka screenshot yang baru, namun tidak muncul secara otomatis.

Masih banyak perubahan lain yang gak terlihat secara langsung, dengan meningkatnya kualitas dukungan untuk smartphone layar lipat, layar waterfall, serta layar punch hole. Intregasi 5G juga di klaim lebih baik, penyimpanan yang semakin dioptimalkan, meningkatnya keamanan privasi dan lain-lain.

Tags:

Full-time writer at OKEGUYS Most topics about Gadget, Football & Games.

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password