Atasi Tombol Record Tidak Bisa Diklik di Adobe Audition


Oke guys, tutorial kali ini berhubungan dengan teknis ketika merekam audio di Adobe Audition. Dalam beberapa kasus ketika sedang menjalankan aplikasi Adobe Audition, tombol ‘R’ (record) pada Track tidak bisa diklik dan berwarna abu-abu.

Hal tersebut tentu cukup mengganggu dan membuat berpikir kalau aplikasi mengalami ‘crash’. Meski ketika dibuka ulang, tampilan dan tombol ‘R’ masih belum berfungsi.

Bagaimana cara mengatasinya?

Simpel dan mudah banget nih guys, tapi bakalan berguna banget buat kalian yang mengalami hal serupa. Langsung ikutin tutorialnya di bawah ini ya guys!



Atasi Tombol Record Tidak Bisa Diklik di Adobe Audition

Pertama-tama, kalian bisa coba jalankan kembali nih aplikasi Adobe Auditionnya. Kemudian cek bagian tombol ‘R’-nya, apakah masih berwarna abu-abu dan masih belum bisa kalian klik.

Kalau iya, baru kalian coba ikuti langkah-langkah berikut ini!

Langkah 1 – Buka Tampilan Multitrack

Akan lebih mudah melihat tampilannya dalam bentuk Multitrack, untuk itu kalian perlu membuka file Multitrack dengan cara klik File > Open > Pilih File.

Kalau kalian belum memiliki file Multitrack, kalian bisa membuatnya dengan klik File > New > Multitrack Session.

Langkah 2 – Atur Ulang Audio Hardware



Bisa terlihat kalau tombol ‘R’ untuk record masih berwarna abu-abu dan tidak bisa kalian klik. Opsi pertama yang bisa kalian lakukan adalah mengecek dan mengatur ulang pengaturan Audio Hardware-nya. Caranya kalian pergi ke Edit > Preferences > Audio Hardware.

Pastikan Setting Input, Output dan Device¬†yang kalian gunakan sudah pada opsi yang tepat. Bila sudah Klik ‘Ok’.

Langkah 3 – Periksa Input/Output

Kalau Langkah 2 sudah kalian coba lakukan dan fungsi record masih belum bisa kalian jalankan. Lakukan cara selanjutnya, yakni mengecek Input/Output dari Track tempat kalian akan merekam audio.



Biasanya, tombol ‘R’ menjadi abu-abu dan tidak bisa kalian klik karena pada pengaturan input pada opsi ‘None’. Sehingga kalian tidak bisa melakukan record. Kalau memang demikian, langsung aktifkan opsi Input sesuai yang kalian gunakan. Opsi di atas hanyalah contoh, karena tiap orang boleh jadi menggunakan soundcard dan device yang berbeda-beda.

Nah, bisa kalian lihat kalau tombol ‘R’ sudah menyala dan siap untuk melakukan recording. Gampang banget kan guys?

Kalau kalian masih bingung dengan langkah tutorial yang ada di atas atau punya pertanyaan seputar aplikasi Adobe Audition, jangan sungkan untuk tulis di kolom komentar ya!

Selamat mencoba dan berkreasi!

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password