Atalanta dan Beberapa Debutan UCL yang Berhasil Tembus Babak 8 Besar


Kemenangan Atalanta atas Valencia berhasil membuat mereka lolos ke babak 8 besar Liga Champions (UCL), dan ini menjadikan mereka masuk kedalam sejarah sebagai salah satu tim debutan yang sukses menembus babak tersebut.

Tapi kalian tau gak, kalau Atalanta bukan yang pertama kali mencatatkan rekor ini. Sebelumnya, ada 7 tim lainnya yang bisa menembus ke babak 8 besar Liga Champions di debutnya. Bahkan, salah satunya mencapai babak semifinal. Siapa aja timnya?

1. Auxerre (1996/97 – 8 Besar)

Setelah tampil dominan di fase grup, Auxerre berhasil lolos ke babak 8 besar dengan status juara grup. Tim Prancis ini gagal menembus semifinal setelah dipulangkan oleh Dortmund. Mereka harus bungkam atas tim jerman tersebut dengan agregat 4-1.

2. Bayer Leverkusen (1997/98 – 8 Besar)

Kemenangan-kemenangan besar menghiasi tim asal Jerman ini. Di babak kedua kualifikasi, mereka berhasil membungkam Dinamo Tbilisi dengan agregat 6-2, dan sempat membantai Sporting Lisbon dengan skor 4-1. Langkah mereka akhirnya dihentikan oleh Real Madrid di babak 8 besar.



3. Lazio (1999/2000 – 8 Besar)

Lazio era ini emang sulit untuk dibendung, di musim ini laju mereka di UCL cukup jauh hingga mencapai babak 8 besar. Walaupun pada akhirnya dihentikan oleh Valencia. Tim ini sukses meraih 3 trofi, yaitu Serie A, Coppa Italia dan UEFA Super Cup.

4. Deportivo La Coruña (2000/01 – 8 Besar)

Deportivo La Coruna jadi tim yang cukup gahar pada tahun itu, di format UCL yang dulu masih menggunakan sistem grup dua kali. Mereka berhasil menjuarai kedua babak grup tersebut, dan lolos ke fase 8 besar. Sayangnya laju mereka harus dihentikan oleh Leeds United yang unggul agregat dengan mereka 3-2.

5. Villarreal (2005/06 – Semi-final)

Villareal berhasil lolos dari babak 16 besar setelah unggul gol tandang atas Rangers (agregat 3-3). Gacuma itu aja, mereka berhasil menaklukan Inter di babak 8 besar dan melaju ke semifinal. Sejauh ini Villareal menjadi satu satunya tim debutan yang mampu menembus babak semifinal.

6. Leicester City (2016/17 – 8 Besar)

Setelah memenangkan Liga Inggris musim 2015/2016, Leicester berhak mendapatkan kesempatan untuk berlaga di UCL. Gak tanggung-tanggung, di debut mereka di kompetisi ini cukup berjalan mulus hingga babak 8 besar. Mereka berhasil menaklukan Sevilla di babak 16 besar dengan agregat 3-2. Namun, laju mereka dihentikan oleh Atletico Madrid di 8 besar.

7. Malaga (2012/13 – 8 Besar)

Tim Malaga yang kala itu dilatih oleh Manuel Pellegrini, sukses lolos ke babak 8 besar setelah menyingkirkan Porto di babak 16 besar dengan agregat 2-1. Lagi-lagi Dortmund jadi penghenti klub debutan yang ingin menembus babak semifinal. Laju mereka harus dihentikan setelah kalah di kandang Dortmund dengan skor tipis 3-2.



Full-time writer at OKEGUYS Most topics about Gadget, Football & Games.

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password