Ramah Disabilitas, Apple iPhone 12 Pro Hadirkan Fitur Khusus Bagi Penyandang Tunanetra


Perangkat terbaru keluaran Apple yaitu iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max meluncurkan fitur baru khusus pengguna tunanetra atau rambun. Fitur ini disebut Apple sebagai People Detection, guna memudahkan pengguna untuk ‘melihat’ kedatangan orang lain.

Fitur ‘People Detection’ didukung dengan sensor Lidar -teknologi baru Apple untuk smartphone- di bagian belakang ponsel. Dengan mengaktifkan fitur tersebut, para pengguna akan tahu seberapa dekat jarak dirinya dengan orang lain.

Lidar iPhone Sensor

Apa kelebihan sensor Lidar pada fitur People Detection? Nah sebagai informasi buat kamu, Lidar adalah jenis sensor kedalaman yang membantu aplikasi Augmented Reality dan berfungsi sebagai ‘mata’ bagi si pengguna.



Hadirnya fitur baru dari Apple untuk penyandang tunanetra ini tentu membantu kaum disabilitas dan orang-orang yang punya kesulitan dalam indera penglihatan.

Selain mendeteksi dan menavigasi keberadaan orang lain di sekitarnya, fitur People Detection dapat membantu pengguna dalam menjaga jarak sosial (social distancing), terutama di tengah kondisi Covid-19 yang melanda dunia saat ini.

iPhone 12 Pro Max

Kelebihan fitur People Detection di iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max juga membantu pengguna tunanetra untuk mengetahui jarak orang lain hingga lima meter, karena telah dilengkapi ARKit People Occlusion.

Tak hanya itu, semua sistem deteksi tersebut terjadi secara real time. Nantinya, ponsel akan mengeluarkan suara lantang seperti “15, 14, 13” dan seterusnya jika pengaturan diatur ke ukuran kaki.



Teknologi baru dari Apple ini akan tersedia sebagai bagian dari iOS 14.2 dan tidak akan berfungsi di iPhone lama, iPhone 12, iPhone 12 Mini, atau bahkan iPad Air baru.

Nah, itulah informasi tentang fitur People Detection yang dihadirkan Apple untuk pengguna tunanetra di iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max. Bagaimana menurut kamu, Goodguys?

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password