Aplikasi Messenger Selain WhatsApp, Berani Coba?


OKEGUYS,Jika kamu baca artikel ini, pasti kamu sedang mencari alternatif WhatsApp terbaik yang berfokus pada privasi. Mengingat perubahan kebijakan terbaru yang diterapkan oleh aplikasi messenger tersebut.

Enam tahun lalu, ketika Facebook mengakuisisi WhatsApp, kita semua tahu bahwa hanya masalah waktu sebelum data pribadi kita dibagikan dengan raksasa media sosial itu. Dan menurut tim OKEGUYS tidak ada keraguan tentang bagaimana data itu akan digunakan.

Nah, hari itu akhirnya tiba dengan kebijakan privasi WhatsApp yang diperbarui yang berbicara dengan lantang dan jelas. WhatsApp sekarang memaksa pengguna untuk menerima kebijakan baru atau kehilangan akses ke platform perpesanan di masa mendatang.

Sementara platform milik Facebook tetap menjadi aplikasi gratis dengan apa yang disebut enkripsi end to end, ia meminta persetujuan kamu untuk mengumpulkan dan membagikan data pribadi kamu dengan Facebook dan Instagram.



Untungnya, bagi mereka yang ingin melepaskan diri dari semua pandangan Facebook dan menjaga privasi mereka, tidak semua pilihannya hilang. Ada beberapa aplikasi messenger aman lainnya yang berfungsi seperti WhatsApp tetapi tidak akan mengganggu ruang pribadi kamu lho.

Berikut 5 aplikasi yang berfokus pada privasi terbaik di tahun 2021

1. Signal

signal-pengganti-whatsapp

Signal adalah alternatif WhatsApp yang berfokus pada privasi terbaik yang dapat kamu gunakan pada tahun 2021. Tidak percaya? Yah, sebagai permulaan, itu tidak mengumpulkan informasi pengguna apa pun dan menawarkan enkripsi end to end seperti WhatsApp.

Saat membuat profil baru, yang ditanyakan hanyalah nomor ponsel, tetapi itu juga tidak ditautkan ke profil. Nomor telepon terlihat lebih seperti nama pengguna numerik dalam pengiriman pesan Signal. Ini digunakan untuk menghasilkan kunci pribadi yang hanya digunakan untuk pendaftaran akun dan bukan untuk melacak kamu.

Jika ini belum cukup, Signal telah didukung oleh orang-orang seperti Edward Snowden, Elon Musk, dan beberapa pendukung keamanan data / privasi lainnya.



Dalam hal fitur, kamu mendapatkan private chat, grup, panggilan video / audio, pesan yang hilang, serta kunci privasi untuk menjaga agar pesan pribadi kamu jauh dari mata-mata teman dan anggota keluarga. Antarmukanya yang mudah digunakan akan membuat kamu segera melupakan WhatsApp!

2. Session

session-pengganti-whatsapp

Baris pertama kebijakan privasi Sesi berbunyi, “Sesi tidak pernah tahu siapa kamu, dengan siapa kamu berbicara, atau konten pesan kamu.” Fakta bahwa ini adalah utusan terenkripsi end to end yang berfokus pada pengurangan metadata sensitif kamu menjadikannya salah satu alternatif WhatsApp terbaik pada tahun 2021 bagi pengguna yang menginginkan privasi dan kebebasan mutlak dari segala bentuk pengawasan.

Sesi tidak menyimpan informasi identitas apa pun seperti alamat IP atau provide pengguna, nomor telepon kamu (ya! Ini berfungsi tanpa nomor), ID email, atau informasi lain yang dapat dikaitkan dengan identitas asli kamu atau digunakan untuk buat profil pengguna berdasarkan aktivitas.

Jadi, kamu akan selalu tetap anonim di platform ini. Alternatif untuk WhatsApp ini adalah open-source dan menawarkan dark mode yang indah untuk pengguna. kamu dapat melakukan semua hal seperti panggilan grup, voice note, mengirim lampiran, dll., Seperti WhatsApp.



3. Threema

threema-penggati-whatsapp

Threema, aplikasi messenger seperti WhatsApp, menangani keamanan dengan sangat serius dan mengenkripsi semua data, termasuk pesan, file bersama, dan bahkan pembaruan status. kamu bahkan tidak perlu memasukkan alamat email atau nomor telepon untuk membuat akun.

Ini menawarkan tingkat anonimitas yang lebih tinggi. Apa yang menjadikan Threema salah satu alternatif WhatsApp terbaik adalah kenyataan bahwa ini adalah open source dan tidak mencatat Alamat IP atau metadata yang membantu dalam melacak pengguna atau membuat profil mereka.

Namun, tidak seperti aplikasi yang disebutkan di atas, Threema bukanlah aplikasi gratis, dan juga tidak menawarkan uji coba gratis. Kamu harus membayar biaya bulanan untuk fasilitas yang disediakannya.

4. iMessage

imessage-pengganti-whatsapp

Pengguna iPhone sudah akrab dengan iMessage, dan ini adalah aplikasi eksklusif Apple, tetapi masih layak disebutkan ketika kita berbicara tentang alternatif terbaik untuk Whatsapp pada tahun 2021. Alasannya cukup sederhana: Apple lebih sering mendapatkan permainan privasi daripada yang lain .

iMessage juga mendukung enkripsi end to end untuk privasi maksimum. Apple mengenkripsi iMessage di perangkat kamu, sehingga Apple tidak dapat membaca pesan saat sedang dikirim antar perangkat.

Untuk membaca pesan, seseorang harus memiliki akses ke perangkat Apple yang tidak terkunci yang merupakan peserta dalam obrolan atau kode sandi perangkat atau login atau cadangan biometrik. Sejauh menyangkut UI, iMessage cukup mengesankan dengan antarmuka yang sederhana namun menarik.

Ini memungkinkan kamu menggabungkan SMS dengan iMessage sehingga kamu dapat mengakses semuanya di satu tempat. Satu-satunya kekurangannya mungkin kamu tidak dapat membuat status di aplikasi ini seperti WhatsApp.

5. Element

element-pengganti-whatsapp

Kamu mungkin sebelumnya pernah menemukan Element dengan nama Riot atau Vector. Selain enkripsi end to end, ia juga menawarkan penyimpanan yang terdesentralisasi, jadi ketika kamu mendaftar, kamu dapat memilih server untuk menghosting pesan – baik yang gratis, atau bayar untuk personal (kebanyakan pengguna untuk perusahaan ).

Selain itu, kamu mendapatkan semua fitur yang di butuhkan dalam alternatif WhatsApp ini, seperti ruang publik dan pribadi, berbagi file, kontrol ekstensif atas pemberitahuan, tanda terima baca, panggilan audio dan video, dan banyak lagi.

Bagian terbaiknya adalah ini juga berjalan langsung di browser jika kamu tidak ingin menggunakan aplikasinya di smartphone. Kamu tidak memerlukan detail identifikasi pribadi seperti ID email atau nomor telepon untuk mendaftar, dengan demikian menjaga anonimitas tentunya.

Kamu mendapatkan kunci rahasia saat mendaftar di Element, dan kunci ini diperlukan untuk masuk ke perangkat baru (bersama dengan nama pengguna dan sandi), jadi pastikan kamu tidak kehilangannya. Selain itu, seperti Slack, kamu juga dapat mengintegrasikan platform lain, seperti Google, Facebook, SMS, Skype, dll.


Jadi ini adalah aplikasi terbaik seperti WhatsApp yang bahkan lebih baik daripada WhatsApp di beberapa bagian. Harap dicatat bahwa tim OKEGUYS telah menyusun daftar ini berdasarkan seberapa aman suatu aplikasi, berapa banyak data yang disimpan, atau memiliki kemampuan untuk melacak aktivitas dan membuat profil penggunanya ni Guys.

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password