Harus Selalu Cuci Muka Sebelum Tidur, Ini 5 Alasannya


Sadar atau enggak, mencuci muka (wajah) sebelum tidur adalah bagian dari perawatan kulit yang paling sering dilewatkan.

Biasanya, hal itu dikarenakan seseorang terlalu lelah bekerja seharian atau merasa kulit tidak terlalu terpapar oleh kotoran.

Nah tahukah kamu, kebiasaan ini justru akan membawa efek buruk bagi kesehatan kulit lho, mulai dari jerawat hingga kulit kusam.

Karena itulah, setiap orang -termasuk kamu- sangat disarankan untuk selalu mencuci muka sebelum tidur.



Alasan Harus Selalu Cuci Muka Sebelum Tidur

Selain demi kesehatan kulit, ada beberapa hal lain yang menjadi alasan mengapa kamu harus selalu mencuci muka sebelum tidur.

Untuk lebih tahu, simak langsung yuk ulasan berikut ini yang telah dirangkum Okeguys dari berbagai sumber:

1. Membersihkan Pori-pori Kulit

Penting kamu ketahui bahwa sel kulit selalu mengalami regenerasi, sehingga menyebabkan penumpukan sel-sel kulit mati.

Jika terlalu banyak sel kulit mati menumpuk, kondisi inilah yang membuat pori-pori wajah tersumbat.



Belum lagi, kalau kamu memakai produk riasan wajah dalam waktu lama sepanjang hari. Tentu riasan makeup itu akan meresap ke dalam pori-pori.

Apabila makeup tidak segera dibersihkan begitu selesai beraktivitas di luar rumah, maka akan mempercepat penyumbatan pori-pori tersebut.

Membiarkan riasan di wajah sepanjang malam juga dapat menyebabkan masalah kulit lainnya seperti komedo dan noda hitam.

Dengan selalu membersihkan wajah di malam hari, pori-pori dan masalah kulit yang mengganggu penampilan pun bisa segera diatasi.

2. Mengurangi Jerawatan



Pori-pori yang tersumbat dan serangan bakteri seringkali jadi alasan utama timbulnya jerawat. Untuk mengurangi kemungkinan tumbuh jerawat, mulailah dari sekarang biasakan diri untuk selalu mencuci wajah sebelum tidur.

Karena, membersihkan kulit di malam hari akan membuka penyumbatan pori-pori, menghilangkan semua kotoran dan bakteri dari wajah.

3. Melindungi Bulu Mata

Semakin lama menggunakan maskara seringkali membuat bulu mata semakin kaku, rapuh, dan mudah patah.

Selain itu, eyeliner yang digunakan juga sangat dekat dengan mata dan mengandung beberapa bahan kimia yang tidak ideal untuk mata.

Lebih parah, kebiasaan menjaga riasan mata dapat menyebabkan iritasi dan infeksi mata, lho. Tentu nggak ingin seperti itu, kan?

Maka dari itulah, kamu wajib mencuci muka secara menyeluruh sebelum tidur malam, agar area wajah, mata, termasuk bulu mata tetap terlindungi.

4. Mencegah Penuaan Dini

Di malam hari, kulit akan melepaskan sel-sel kulit mati dan melakukan regenerasi. Inilah sebabnya kulit akan terlihat sehat setelah tidur 6-8 jam.

Namun, apabila kamu tidak mencuci muka di malam hari terutama ketika hendak tidur, maka proses peremajaan kulit akan terhambat.

Oleh karenanya, cuci muka itu sangat penting. Selain untuk kebersihan kulit, kebiasaan baik ini berkontribusi mencegah penuaan dini.

5. Melawan Kulit Kusam

Selama ini, kulit kita terpapar banyak hal di siang hari, mulai dari kotoran, debu, polusi hingga asap. Hal tersebut akan membuat kulit rentan rusak.

Nah seiring waktu, kulit pun akan terlihat kusam dan lelah. Ini alasan kamu harus selalu membersihkan wajah di malam hari.

Pertama, untuk melepas semua kotoran dan debu yang menempel, dan alasan kedua yaitu supaya mendapatkan kulit wajah indah dan cerah.

Freelance Writer | OKEGUYS

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password