Ini Alasan Kenapa Ada Orang yang Nggak Suka Durian Si Raja Buah


Kalau ngomongin durian, bisa pecah dua kubu nih. Durian si King of Fruit alias si raja buah ini punya banyak fans, tapi nggak sedikit pula yang membencinya.  

Buat yang suka banget dengan durian, rasanya puas banget saat menyantap dagingnya yang tebal, dan wanginya yang nikmat. Tapi buat orang Indonesia dan orang asing yang benci dengan buah berduri ini bakalan sebal ketika hanya mencium aromanya saja, guys.

Nah, kamu termasuk yang suka atau benci durian? Buat yang bingung kenapa beberapa orang dan turis asing nggak suka sama durian, ini lho alasannya.

1. ILEGAL

bau durian



Kalau di Indonesia, memang ada larangan tak boleh membawa durian ke hotel, pesawat, bus Transjakarta hingga kereta. Nah, sayangnya nih buah kesayangan kamu ini diatur dengan ketat di beberapa negara.

Sama seperti di Indonesia, namun di luar negeri peraturan seperti ini tidak bisa sekedar dimaklumi, tapi kalau memang durian dilarang, kamu harus mematuhinya.

2. BAU MENYENGAT

bau durian

Kalau soal aroma, sudah pasti beda pendapat. Bau durian memang menyengat, tapi ada yang suka dan ada yang nggak. Bahkan orang asing yang sudah lama tinggal di Indonesia atau bahkan orang Indonesia sendiri merasa baunya bikin mual dan ingin muntah.

3. BUAH ASING

bau durian



Indonesia hingga negara Asia udah nggak asing dengan durian. Tapi berbeda dengan negara di dunia khususnya Eropa dan Amerika Serikat (AS). Walau durian sudah ‘berhasil masuk’ ke dua benua ini, mereka tetap harus menahan napas ketika melewati toko yang menjual durian.

Karena buah ini memang sangat asing bagi mereka, jadi nggak heran kalau kaget dengan baunya yang menyengat. Mungkin sama seperti kita yang reflek tutup hidung saat banyak hewan kurban yang dijual di pinggir jalan.

4. PROSES PERSEPSI

bau durian

Nah dari sekian banyak orang yang nggak suka durian, ternyata persepsi dan mental sangat berpengaruh. Jadi, ketika seseorang mengaitkan durian dengan muntah, sudah pasti mereka akan membenci buah berduri ini.

Namun, jika seseorang membedakan bau durian sebagai aroma yang unik, bukan seperti muntah, bisa saja dia akan tertarik mencoba makan. Hasilnya bisa suka atau tidak. Tergantung selera dan persepsi mereka.



Logikanya mirip saat kita mendengar lagu. Saat lagu diputar, telinga mendengarkan dan otak kita mencerna, dan ternyata kamu nggak suka dengan lagunya karena terkesan cengeng atau membuatmu teringat kejadian buruk.

Nah, kira-kira kamu salah satu penggemar durian atau justru anti banget, guys? 

Freelance Writer at OKEGUYS.COM

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password