7 Keajaiban Dunia Kuno dan Jadi Yang Pertama


Ada 7 keajaiban dunia kuno yang mungkin tak banyak orang tahu. Sebelum keajaiban dunia yang sekarang kita kenal, sebelumnya ada yang lain.

Jadi bukan Taj Mahal atau Menara Eiffel. Bukan tanpa sebab, ada alasan kenapa tidak menjadi keajaiban dunia lagi.

Bangunan-bangunan kokoh tersebut ada yang sudah hancur. Ada yang terkena gempa atau bencana lainnya. Hanya Piramida Agung Giza yang berdiri kokoh hingga saat ini. Penasaran kan dengan yang lainnya? Cari tahu yuk!

Mausoleum Halicarnassus

7 keajaiban dunia


Ini adalah makam kuno yang didirikan oleh Raja Mausolus di Halicarnassus. Wilayah tersebut termasuk dalam Bodrum, Turki.

Dulu, makam ini disebut sebagai salah satu termpat terindah di Bumi. Bagaimana tidak, meskipun hanya makam arsitekturnya luar biasa guys. Strukturnya memiliki tinggi 41 meter. Masih dihiasi oleh pahatan yang indah.

Sayangnya, tempat ini hancur terkena gempa. Selama ratusan tahun puing-puingnya terbengkalai. Hingga pada tahun 1494 dihancurkan.

Patung Zeus Olympia

7 keajaiban dunia kuno

Memiliki tinggi 12 meter. Berdiri kokoh di Olympia, Yunani. Lokasinya berada di Kuil Zeus Olympia. Sayangnya kuil tersebut mengalami kerusakan.

Itu terjadi ketika agama Kristen mulai menguasai Yunani. Patung itu pun dipindah ke Konstantinopel pada abad ke-5 dan 6. Namun, kini sudah hancur karena gempa.

Kuil Artemis Ephesus

keajaiban dunia jaman dulu


Kuil ini dibangun di Ephesus wilayah Turki. Dulunya merupakan koloni Yunani di Asia Kecil. Kuil ini memiliki lebar 69 meter dengan tinggi 129 meter.

Dilengkapi dengan 127 pilar. Bangunan ini diselesaikan dalam kurun waktu 120 tahun. Wah, keren banget nih orang jaman dulu. Bisa membangun pilar semegah itu.

Taman Gantung Babilonia

keajaiban dunia

Taman Gantung ini didirikan di atas gunung buatan. Salah satu 7 keajaiban dunia kuno ini jadi yang paling indah di dunia. Bahkan disebut sebagai taman surgawi.

Berdiri di ketinggian 23 meter. Taman ini dilengkapi dengan flora dan fauna. Namun, tak sedikit ahli sejarah yang ragu taman tersebut benar-benar ada. Kalau kamu gimana?

Colossus of Rhodes

colossus-of-rhodes

Patung perunggu ini memiliki tinggi 33,5 meter di Laut Tengah. Patung ini dibangun pada tahun 292 – 280 SM. Tujuannya sebagai penghormatan untuk dewa matahari Helios.

Sayangnya, patung ini hancur pada tahun 226. Disebabkan oleh gempa yang terjadi. Sehingga hanya tinggal puing-puing saja seperti hatimu.

Mercusuar Alexandria

mercusuar alexandria

Terletak di Pulau Pharos. Dulunya menjadi bangunan tertinggi ketiga di dunia. Tingginya saja mencapai 134 meter. Namun, saat ini bangunan tertinggi di dunia itu sudah roboh. Entah apa penyebanya.

Piramida Agung Giza

piramida agung giza

Inilah satu-satunya 7 keajaiban dunia kuno yang masih ada. Meski bagian luarnya sudah hilang. Piramida ini meninggalkan bongkahan-bongkahan batu penyusun. Bahkan sebagian strukturnya masih utuh.

Bangunan ini pernah menjadi bangunan tertinggi yang dibuat manusia. Piramida Giza mendapat julukan tersebut selama 4000 tahun lebih.

Sekarang, semua keajaiban dunia sudah baru. Tapi kalau boleh milih, kalian lebih kagum sama yang mana nih?

Content Writer | OKEGUYS
I am a senior freelance content writer and social media specialist. I have written for Hivemind, Qupas Indonesia, Ibukata.

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password