5 Teknik Mancing yang Cocok Buat Pemula


Kalian suka mancing nggak guys? Tahu cara-caranya?

Jadi kalau mancing itu ternyata ada teknik-tekniknya. Nah, teknik ini biasanya didasarkan pada lokasi, alat pancing atau ikan yang ingin dipancing.

Namun, tak semua teknik bisa langsung dilakukan pemancing awam. Hanya ada beberapa yang bisa dilakukan para pemula.

Oke guys, jadi gini:



Ada berapa sih teknik mancing? Jawabannya sekitar 20-an. Nggak semuanya cocok buat pemancing pemula.

Nah, berikut ini adalah beberapa teknik mancing buat pemula berdasarkan sumber yang terpercaya:

Bottom Fishing

Teknik Mancing
Teknik ini merupakan paling dasar. (Pexels.com)

Teknik ini juga biasa disebut dasaran. Ini merupakan teknik paling dasar buat para pemancing, apalagi jika kalian seorang pemula.

Caranya, lempar kail kalian, yang tentunya sudah dikasih umpan yah, ke dasar laut. Tapi jangan dasar-dasar banget sih, takutnya tersangkut di karang.

Sebelum melempar, berdoa dulu biar ikan yang ada di dasar laut makan umpan kalian yah.



Casting

Teknik Mancing
Kalian nggak perlu ke tengah laut buat menggunakan teknik casting. (Pexels.com)

Teknik ini biasanya dilakukan di pinggir laut atau pantai. Bisa juga di dermaga.

Cocok banget buat kalian yang suka mabuk laut. Kalian nggak perlu jauh-jauh ke tengah laut untuk mendapatkan ikan buruan.

Untuk menggunakan teknik ini, gunakan joran yang bersifat lentur dan panjangnya sekitar 150-172 cm. Soalnya, lontaran umpan biasanya tak terlalu jauh.

Caranya gimana? Lempar umpan sejauh mungkin (sekitar 20-30 meter), lalu reel digulung dengan cepat.

Kunci untuk teknik ini adalah jangan mudah menyerah. Biasanya butuh berkali-kali kesempatan untuk bisa mendapatkan ikan.



Surf Casting

Teknik Mancing
Perlu gunain joran yang panjang buat teknik surf casting. (Pexels.com)

Teknik ini hampir mirip sih dengan casting dan bottom fishing. Bisa dibilang perpaduan keduanya.

Caranya, lempar umpan sejauh-jauhnya dan biarkan mendarat di dasaran. Untuk menggunakan teknik ini, harus menggunakan jor yang panjangnya sekitar 350-450 cm.

Selain itu, juga dibutuhkan pemberat. Kegunaannya agar umpan tak bergerak ke sana kemari saat di dasar.

Sama seperti casting, kalian nggak perlu ke tengah laut untuk melakukan teknik ini. Cukup di pinggir tepi.

Jigging

Teknik Mancing
Teknik jigging sudah dipakai sejak ribuan tahun lalu. (Pexels.com)

Teknik ini sudah dipakai nelayan ribuan tahun lalu. Caranya dengan ‘menipu’ ikan dengan menggunakan umpan palsu.

Umpan dibuat dari timah atau logam lain berbentuk ikan kecli. Jangan pake uang palsu, nggak bakal laku.

Nah, umpan dilempar ke dasar laut kemudian ditarik dengan cepat ke atas.

Mancing Garong

Teknik Mancing
Teknik garong tak perlu pake umpan, cukup digarong aja. (Pexel.com)

Teknik ini suka diplesetin sama para mancing mania. Mereka bilang ngegarong, iya ikan yang digarong.

Teknik ini menggunakan pancing yang punya enam mata, keren nggak tuh. Biasanya, ikan yang ketangkep bukan karena pancing masuk ke dalam mulut ikan, tapi nyangkut di insan, perut, buntut dan sebagainya.

Nah, itu sih beberapa teknik mancing yang kalau kata orang-orang cocok untuk pemula. Yah, buat kalian yang udah lihai, kayaknya tahu beberapa teknik mancing lainnya.

Bisa kaleee, berbagi pengalaman atau pengetahuan biar sama-sama pinter dalam hal mancing memancing.

Editor in Chief | OKEGUYS
I am an experienced journalist.
Pernah mengabdi di Kompas.com, Viva.co.id, Bola.com dan BBM Indonesia.

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password