5 Efek Buat Vokal Kamu Lebih Bagus di Adobe Audition


Oke guys, pembahasan pada artikel kali ini berguna buat kalian yang suka bernyanyi atau memproduksi lagu. Ketika merekam vokal untuk sebuah lagu, biasanya audio akan dipoles dengan cara menambahkan efek agar outputnya terdengar lebih menarik.

Berikut ini ada beberapa rekomendasi efek yang bisa kalian terapkan, guna membuat suara vokal kamu lebih menarik di Adobe Audition.

Apa saja ya?

Langsung aja kita bahas!



5 Efek Buat Vokal Kamu Lebih Bagus di Adobe Audition

Noise Reduction

Efek satu ini benar-benar membantu dalam produksi audio nih! Gunanya? Membuat noise pada audio yang kalian rekam menjadi teredam. Sehingga suara-suara mengganggu yang tak diinginkan tidak terbawa pada output audio nantinya. Suara vokal kalian juga terdengar lebih clean, kalau mau menggunakan efek ini silahkan ikuti tutorial di sini.

Reverb

Biar suara vokal yang kalian rekam tidak terasa flat, kalian bisa menambahkan ‘Reverb’. Hasilnya, audio akan terdengar menggema dan lebih menarik. Tentunya ada beberapa pilihan jenis ‘Reverb’ di Adobe Audition dengan beragam Presets tentunya. Mau tau cara menambahkan Reverb? Klik di sini.

Automatic Pitch Correction



Seperti namanya, Automatic Pitch Correction berarti ‘Pitch’ pada vokal kalian akan secara otomatis terkoreksi sesuai setting yang kalian buat. Kalau kalian pernah dengar lagu rap dengan efek ‘Autotune’, nah dengan efek ini kalian juga bisa buat semacam itu guys. Kalau mau tau caranya silahkan klik link berikut!

Doppler Shifter

Dengan efek satu ini, kalian bisa membuat bagian-bagian tertentu pada vokal menjadi terdengar lebih stereo. Bisa seolah terdengar bergerak dari kiri ke kanan, kanan ke kiri, bahkan berputar. Ada beragam presets juga yang tersedia dalam Doppler Shifter, sehingga bisa membuat vokal kalian lebih menarik. Kalian bisa lihat contoh pengaplikasian efek tersebut di link berikut!

Single-band Compressor

Efek satu ini fungsinya sih buat mengatur audio level kalian. Jadi semisal ketika merekam vokal ada suara yang terlalu kencang dan mengalami over clipping, kalian bisa meredamnya dengan efek berikut. Salah satu rekomendasi preset adalah Voice Leveler. Kalau mau lihat tutorial pengaplikasiannya, silahkan klik link berikut ini!



Itulah beberapa efek yang bisa membantu suara vokal yang kalian rekam menjadi terdengar lebih bagus. Kalian sering pakai yang mana nih? Atau ada rekomendasi efek lainnya?

Kasih tau di kolom komentar ya guys!

Selamat berkreasi!

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password