4 Raksasa Smartphone Cina Bersatu “Melawan” Google Play Store


Kabarnya 4 Raksasa smartphone asal Cina, Xiaomi, Huawei, Oppo dan Vivo bergabung untuk menciptakan suatu platform baru. Platform ini memungkinkan para pengembang aplikasi (developer) di luar Cina bisa mengunggah aplikasi buatan mereka ke semua toko aplikasi secara bersamaan. Menurut para analis, langkah mereka ini dimaksudkan buat melawan dominasi dari Google Play Store.

Dilansir dari Reuters, para pabrikan ini telah bergabung bersama di bawah GDSA (Global Developer Service Alliance) yang tampaknya merupakan upaya untuk menantang dominasi dari penyedia aplikasi yang tersedia untuk Android, Google Play Store.

Penyebab dari hal ini bisa jadi dikarenakan Google Play Store dilarang di Cina, sehingga pengguna Android telah terbiasa mengunduh aplikasi dari berbagai toko aplikasi yang berbeda-beda. Nah, toko aplikasi ini banyak diantaranya yang dikelola oleh produsen seperti Huawei dan Oppo.

Tetapi di luar Cina, Google Play Store yang jadi rajanya, mereka menyediakan satu lokasi yang nyaman di mana pengembang dapat mengunggah perangkat lunak mereka untuk “dipasarkan” di dalam satu toko.



Google yang layanannya dilarang untuk beroperasi di Cina, telah memperoleh sekitar $8,8 miliar secara global dari Play store pada tahun 2019, kata Katie Williams, seorang analis di Sensor Tower.

Google juga menjual konten seperti film, buku, dan aplikasi di Play store dengan mendapatkan komisi sebesar 30% dari hasil penjualan tersebut.

Tujuan GDSA menciptakan platform ini agar memudahkan pengembang game, musik, film dan aplikasi-apliikasi lainnya untuk memasarkan aplikasi buatan mereka di pasar luar negeri, menurut orang-orang yang memiliki pengetahuan tentang masalah ini.

Jadwal perilisan

GDSA pada awalnya bertujuan untuk meluncurkan platform ini pada bulan Maret. Namun, belum ada kejelasan lebih lanjut soal peluncurannya karena terpengaruh oleh wabah virus corona baru-baru ini.

Dalam situs GDSA menyebutkan bahwa aplikasi ini direncanakan akan dirilis di 9 Negara, diantaranya India, Indonesia dan Rusia.



Menarik nih, kita tunggu kelanjutannya!

Full-time writer at OKEGUYS Most topics about Gadget, Football & Games.

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password