Tutorial Cara Menggunakan Track Changes Microsoft Word untuk Edit/Koreksi Tulisan


Microsoft Word dikenal sebagai software pengolah kata terbaik dan populer sampai sekarang. Software andalan dari perusahaan teknologi Microsoft ini telah digunakan banyak kalangan, mulai dari pekerja profesional hingga pelajar.

Keunggulan software Microsoft Word tentunya terus berkembang seiring waktu. Fitur-fiturnya pun semakin bertambah dan giat diperbaharui.

Namun sayangnya, tidak semua fitur tersebut diketahui kegunaan dan cara menggunakannya oleh kalangan umum. Padahal bila dipelajari, akan sangat membantu tugas dan pekerjaan lho, Goodguys. Salah satunya adalah Track Changes.

Apa itu Track Changes Microsoft Word? Buat kamu yang masih asing dengan fitur tersebut, OKEGUYS akan jelaskan dalam artikel ini, sekaligus tutorial cara menggunakan Track Changes Microsoft Word. Baca sampai selesai, ya!



Cara Menggunakan Fitur Track Changes Microsoft Word

Track Changes di Microsoft Word

Bila pekerjaan kamu sering berkutat dengan tulisan, fitur Track Changes di Microsoft Word pasti sangat membantu. Kenapa? Ya, karena fitur ini bisa kamu manfaatkan untuk mengoreksi tulisan yang dibuat seseorang.

Hanya dengan mengaktifkan Track Changes di Word, kamu bisa membuat perubahan dan memberikan saran bermanfaat pada tulisan yang diperiksa. Melihat fungsinya, fitur ini cocok untuk dosen, pengajar, editor, maupun mahasiswa.

Hasil koreksi tulisan bisa langsung dilihat oleh si penulis tanpa perlu memberikan coretan di kertas ‘sele-sele’. Toh, cara seperti itu cuma buang-buang kertas alias paperless, kan?

Untuk kamu yang belum tahu, berikut langkah-langkah menggunakan Track Changes di Microsoft Word untuk mengedit tulisan yang kurang maupun dirasa salah.



  1. Buka dokumen tulisan yang akan dikoreksi di Microsoft Word. Setelah tampilan Word terbuka, pilih ‘Review’ pada menu bar bagian atas tampilan Word.
  2. Cari dan temukan fitur ‘Track Changes’. Klik fitur tersebut.
  3. Selanjutnya, blok tulisan atau teks yang akan kamu koreksi maupun diberi catatan.
  4. Masukkan catatan atau hasil editan di kolom ‘Comments’ yang muncul secara otomatis pada tampilan Word.
  5. Lakukan cara yang sama pada bagian tulisan yang hendak diedit.

Jika langkah di atas sudah dilakukan, lalu bagaimana cara melihat perubahan dalam dokumen setelah diedit? Berikut tahapannya:

  1. Buka kembali dokumen tulisan yang sudah dikoreksi di Microsoft Word. Pilih ‘Review’ pada menu bar.
  2. Kemudian, pilih ‘Tracking’, lalu klik ‘Display for Review’.
  3. Untuk melihat perubahan, bisa dilihat dari garis merah di margin. Lalu, pilih ‘Simple Markup’.
  4. Untuk tampilan detail perubahan dapat dilihat dengan memilih ‘All Markup’.
  5. Sedangkan untuk melihat tampilan dokumen asli seolah belum dilakukan perubahan (diedit), maka pilihlah opsi ‘Original’.

Catatan:

Melansir laman resmi Microsoft Office tentang ‘Track Changes’, saat fitur Track Changes diaktifkan, penghapusan yang dilakukan ditandai dengan coretan, penambahan ditandai dengan garis bawah. Selain itu, perubahan dari setiap penulis ditandai dengan warna yang berbeda.

Apabila fitur Track Changes dinonaktifkan, maka Microsoft Word akan berhenti menandai perubahan, namun garis bawah berwarna dan coretan dari perubahan akan tetap berada di dalam dokumen.



Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password