Tutorial Cara Membuat Nomor Halaman di Microsoft Word 2010 secara Otomatis


Bingung bagaimana cara membuat nomor halaman di Microsoft Word 2010? Simak langkah-langkahnya pada artikel berikut ini ya, Goodguys. Semoga bisa membantu kamu yang sedang berkutat dengan tugas-tugas di Word.

Untuk membuat nomor halaman di Microsoft Word sebenarnya tidak sulit. Cara ini akan sangat membantu artikelmu agar terlihat lebih rapi, terutama yang cukup panjang.

Cara Membuat Nomor Halaman di Microsoft Word

Nomor halaman Microsoft Word 2010

Microsoft Word merupakan software yang paling populer digunakan kalangan profesional maupun pelajar. Seringkali pekerjaan dan tugas yang digarap di Word terlihat kurang rapi, lantaran tidak diberi nomor halaman.



Alhasil, ketika ingin mencari bagian tertentu jadi ribet. Padahal kalau diberi nomor halaman pastinya akan lebih mudah ditemukan.

Nah, untuk memudahkan pekerjaan kamu, OKEGUYS telah merangkum cara membuat halaman di Word secara otomatis. Dengan begitu, kamu tidak perlu lagi mengetik satu per satu nomor angka secara manual. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka dokumen Word yang akan dibuat nomor halaman.
  2. Pada menu Insert tab, Header & Footer, silahkan klik Page Number.
  3. Kemudian, pilih letak (posisi) nomor halaman. Di MS Word 2010, ada empat jenis letak nomor halaman, yaitu:
    Top of Page: bagian atas atau header.
    Bottom of Page: bagian bawah atau footer.
    Page Margins: di dekat marjin (garis batas tepi) halaman.
    Current Position: di posisi kursor.
  4. Tutup Header/Footer dengan mengklik dua kali pada area dokumen yang diedit.

Jika kamu ingin mengubah format nomor halaman, misalnya dari angka (1,2,3) menjadi huruf (a,b,c) atau menjadi angka Romawi (i,ii,iii), silahkan klik dua kali pada Header/Footer tempat nomor halaman berada.

Nantinya akan muncul tools di bagian atas. Lalu klik Page Number, pilih Format Page Numbers dan pilihlah format penomoran yang diinginkan. Klik Ok untuk menyimpan perubahan.

Apabila kamu ingin mengubah penomoran halaman, langkah yang dilakukan sama seperti di atas. Bedanya, setelah sampai di bagian Format Page Numbers, pilih Page Numbering dan pilih Continue from Previous Section untuk melanjutkan nomor halaman dari sebelumnya.



Di bagian bawah Continue from Previous Section, akan muncul tulisan Start at dan kolom untuk mengisi nomor. Tulislah angka berapa yang ingin kamu jadikan sebagai permulaan nomor di halaman tertentu. Klik Ok untuk menyimpan perubahan.

Nah, itulah cara membuat nomor halaman di MS Word 2010 secara berurutan dengan mudah tanpa perlu mengetik manual. Semoga tutorial kali ini bermanfaat ya, Goodguys.

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password