Pengenalan Microsoft Excel untuk Pemula


Microsoft Excel adalah program pengolah angka yang memiliki banyak sekali manfaat. Mulai dari mencatat anggaran keuangan, mengerjakan soal-soal matematika, penghitungan penjualan hingga investasi, dan masih banyak lagi.

Banyaknya manfaat yang dimiliki Microsoft Excel, maka kamu wajib banget untuk menguasai program ini, guys.

Dengan Microsoft Excel, hitungan dan juga pekerjaan milikmu dijamin akurat, deh.

Karena akan ada banyak sekali topik dari Microsoft Excel yang harus dibahas, kali ini saya akan mengulas tutorial Microsoft Excel, untuk pemula terlebih dahulu. Yuk, simak.



Pengenalan Microsoft Excel untuk Pemula

Coba kamu perhatikan gambar di bawah ini dan akan saya jelaskan beberapa bagian tersebut.microsoft excel untuk pemula


Quick Acces Toolbar atau yang ditandai dengan nomor satu adalah tombol umum yang sering digunakan dan bisa kamu sesuaikan sesuai kebutuhan. Biasanya berisi Undo, Redo, dan juga Save.

Untuk nomor dua, biasa disebut dengan Ribbon, bagian ini adalah kumpulan tombol perintah yang dikelompokkan menjadi bentuk Tab. Mulai dari Home, Insert, dan seterusnya.

Sedangkan untuk nomor tiga adalah bagian yang menunjukan alamat cell yang aktif beserta denan isinya. Formula Bar juga menjadi tempat di mana kamu akan menuliskan rumus.

Nomor empat adalah Worksheet Area di mana berisi kumpulan cell yang terdiri dari kolom yang berisi simbol huruf mulai dari A, B, C, dan seterusnya. Sedangkan baris atau Row diisi dengan angka 1, 2, 3, dan seterusnya. Di sinilah kamu bisa menyusun data sesuai dengan kebutuhan kamu.



Status Bar atau yang sudah saya tandai dengan nomor lima adalah bagian yang menunjukan informasi status dari Excel yang sedang kamu kerjakan.

Perbedaan Kolom dan Baris Microsoft Excel

microsoft excel untuk pemula

 

Dalam Microsoft Excel, terdapat kolom dan juga baris. Kolom adalah istilah yang biasanya digunakan untuk bangian yang melintang vertikal dan ditandati dengan huruf A, B, C dan seterusnya.

Sedangkan untuk Baris atau Row adalah bagian yang melintang secara horisontal ke samping dan ditandai angka mulai 1, 2, 3, dan seterusnya.



Perbedaan Cell dan Range Microsoft Excel

Saat belajar Microsoft Excel, kamu juga wajib untuk mengetahui perbedaan Cell dan Range yang ada di Microsoft Excel.

microsoft excel untuk pemula


 

Cell adalah istilah yang digunakan untuk benyebutkan sebuah titik pertemuan antara kolom dan baris pada Worksheet, tempat di mana kamu bisa memasukan teks, angka, hingga rumus excel.

Sedangkan untuk Range adalah kumpulan dari beberapa Cell di sebuah Worksheet. Untuk lebih jelasnya kamu bisa leihat gambar di atas.

Akan Update Lagi Guys…

Ada banyak sekali yang harus dibahas mengenai Microsoft Excel. Saya akan mengupdate artikel ini secara berkala dan kalau kamu merasa artikel ini bermanfaat, boleh kok kamu share ke sosial media milikmu dengan menyertakan hastag #okejuganih

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Full-time writer | OKEGUYS Just keep swimming - Finding Nemo, 2003.

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password