Cara Menonaktifkan Real-Time Protection di Microsoft Defender pada Windows 10


Secara default, program antivirus bawaan Windows 10 yang disebut Microsoft Defender melakukan scan pada PC dari ancaman (virus) secara real-time.

Tapi terkadang, kamu mungkin ingin menonaktifkan real-time protection antivirus di Microsoft Defender pada Windows 10 untuk sementara waktu.

Apakah bisa? Ya, tentu saja bisa. Pada artikel tutorial kali ini, OKEGUYS akan menjelaskan cara menonaktifkan program antivirus Microsoft Defender pada Windows 10.

Cara Mematikan Program Antivirus Microsoft Defender

Jika kamu menginstal program antivirus lain untuk Windows 10, Windows Defender akan mematikan perlindungan real-time-nya sendiri di PC kamu.



Tapi, jika kamu belum memasang program antimalware lain dan ingin nonaktifkan scan real-time protection Windows Defender untuk sementara waktu, bisa kamu ikuti langkahnya berikut ini:

1. Pertama, buka menu Start dan ketik “Windows Securitys”. Tekan “Enter” atau klik pintasan “Windows Security” untuk meluncurkannya.

nonaktifkan microsoft defender windows 10

2. Pada Windows Security, klik “Virus & Threat Protection” di menu sidebar. Kemudian pilih “Manage Settings”.

menonaktifkan antivirus microsoft defender



3. Pada bagian “Virus & Threat Protection Settings,” cari opsi “Real-Time Protection” dan klik tombol “On” untuk mengalihkan ke posisi “Off”.

menonaktifkan antivirus microsoft defender windows 10

4. Dengan begitu, real-time protection Microsoft Defender telah dinonatifkan. Keamanan Windows juga akan menampilkan pesan yang tampak menakutkan di atas sakelar, mengatakan bahwa perangkat kamu rentan diserang malware.

Windows 10 secara otomatis akan mengaktifkan kembali real-time protection setelah beberapa saat setelahnya.

mematikan antivirus microsoft defender windows 10



5. Tutup jendela Windows Security dan simpan pengaturan baru. Nantinya jika kamu ingin aktifkan kembali real-time protection, cukup kunjungi kembali halaman “Virus & Threat Protection Settings” dan klik kembali tombol “On”.

Nah, itulah tutorial singkat cara menonaktifkan program antivirus bawaan Microsoft Defender pada Windows 10. Semoga bermanfaat untuk kamu ya, Goodguys!

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password