Cara Scan File atau Folder untuk Malware dengan Microsoft Defender di Windows 10


Di Windows 10, Microsoft Defender -program antivirus bawaan- dapat melakukan scan pada file atau folder di PC dari ancaman (virus) malware secara real-time, bahkan sebelum kamu membukanya.

Berkaitan dengan program antivirus bawaan tersebut, dalam artikel ini OKEGUYS akan menjelaskan cara scan file atau folder dari Malware dengan Microsoft Defender.

Bagaimana caranya? Simak ulasan di bawah ini:

1. Pertama, temukan file atau folder yang ingin kamu scan. Itu dapat ditemukan di dalam File Explorer atau pada Desktop PC kamu.



2. Gunakan kursor mouse kamu, klik kanan pada item tersebut. Di menu yang muncul, pilih “Scan With Microsoft Defender”.

Note: Pada versi Windows 10 sebelum Update terbaru pada Mei 2020, opsi ini akan bertuliskan “Scan With Windows Defender”.

cara scan file dengan microsoft defender

3. Jendela Windows Security akan muncul, dan hasil scan akan ditampilkan di bagian atas, tepat di bawah tajuk “Scan Options”. Jika semuanya baik-baik saja, kamu akan melihat “No Current Threats”.

4. Di sisi lain, jika ternyata ada virus malware terdeteksi di PC, Microsoft Defender akan memperingatkan kamu dengan pesan yang mengatakan “Threats Founds”, dan akan terlihat file yang terinfeksi.



5. Untuk menghapus ancaman, klik tombol “Start Actions”.

scan file folder dengan Microsoft Defender

6. Setelah mengklik “Start Actions”, Microsoft Defender akan menghapus ancaman virus malware secara otomatis, dan semua akan kembali normal.

Jika kamu ingin detail lebih lanjut tentang ancaman apa yang dinetralkan Microsoft Defender, klik “Protection History” tepat di bawah hasil scan.

Nah, itulah penjelasan tentang cara scan file atau folder dari ancaman virus Malware menggunakan Microsoft Defender di Windows 10. Semoga bermanfaat ya, Goodguys!



Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password