Tutorial Cara Print Bolak-Balik di Microsoft Word, Hemat Kertas!


Tutorial cara ngeprint bolak-balik di Microsoft Word biasanya dicari tahu anak-anak sekolah, mahasiswa, atau kalangan profesional yang kerap berkecimpung di dunia kepenulisan.

Sekilas, rasanya seperti sulit ya. Padahal, tutorial cara print dokumen agar bisa bolak-balik terbilang mudah kok, apalagi menggunakan Microsoft Word.

Selain lebih simpel, mencetak dokumen Microsoft Word dengan bolak-balik tentu saja membantu menghemat kertas dan biaya. Kamu jadi tidak perlu mencetak ratusan lembar kertas, deh.

Tapi, bagaimana ya cara print dokumen bolak-balik pakai Microsoft Word? Tenang, OKEGUYS akan menjelaskan tutorialnya step by step. Simak sampai selesai, ya!



Cara Print Dokumen Bolak-Balik di Microsoft Word

Cara print bolak-balik di Word bisa menghemat setengah cetakan kertas. Misalnya, yang seharusnya kamu mencetak sebanyak 100 lembar, kamu jadi hanya perlu mencetak 50 lembar saja.

Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Print bolak-balik secara otomatis

Cara print bolak balik Microsoft Word

Nah, untuk bisa ngeprint bolak-balik seperti halnya buku, akan lebih mudah bila menggunakan printer yang tersedia fitur duplex printing, sehingga mencetak dokumen secara bolak-balik bisa berjalan otomatis.

  • Kalau printer-mu sudah menyediakan pengaturan duplex, selanjutnya kamu perlu mengaktifkan fitur tersebut, yakni dengan memberi tanda centang pada menu “Double-sided Printing” di bagian bawah setting printer.
  • Setelah diaktifkan, kamu tidak perlu lagi mengatur secara manual setiap kali akan ngeprint dokumen.
  • Selanjutnya, buka dokumen Word yang akan dicetak. Lalu, pilih menu Print. Atau bisa langsung tekan tombol shortcut CTRL + P¬†supaya lebih cepat.
  • Jendela printing pun akan muncul. Tepat di bawah Settings, klik dropdown menu, kemudian pilih Print on Both Sides.
  • Terakhir, cetaklah dokumen Word seperti biasa.

2. Print bolak-balik secara manual

Cara print bolak-balik manual



Bagaimana bila printer belum didukung fitur duplex printing? Tak perlu khawatir. Ada cara print bolak-balik secara manual yang bisa kamu terapkan.

Tidak ada langkah-langkah yang rumit, kok. Hanya saja, mau tak mau, kamu harus mengubah pengaturan default menjadi duplex printing terlebih dahulu setiap kali ingin mencetak dokumen.

Selain itu, mencetak bolak-balik dokumen Word secara manual mengharuskan kamu membalik kertas sendiri agar halaman selanjutnya bisa dicetak di sisi lain kertas.

  • Pertama, buka dokumen Word yang akan dicetak. Lalu, pilih menu Print atau bisa langsung menekan tombol CTRL+P.
  • Jendela printing pun akan muncul. Tepat di bawah Settings – pages, klik dropdown menu.
  • Kemudian, pilih opsi Manually Print on Both Sides.
  • Printer akan mencetak dokumen di halaman pertama. Lalu, printer akan memberi notifikasi agar kamu mengembalikan kertas ke tray dengan halaman yang sudah dibalik.
  • Ulangi cara yang sama seperti di atas ke halaman selanjutnya.

Gimana Goodguys, cara ngeprint bolak-balik dokumen di Microsoft Word cukup mudah, kan? Semoga tutorial di atas bermanfaat, ya.

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password