Tutorial Cara Menyisipkan Font di Dokumen Microsoft Word


Saat kamu mengirim email kepada seseorang tentang salinan dokumen Word atau presentasi PowerPoint kamu dan mereka tidak memasang font, Microsoft Office akan menampilkan dokumen tersebut dengan font default sebagai gantinya.

Sebenarnya tidak ada masalah, hanya saja itu bisa mengacaukan semua tata letak (layout) dan membuat dokumen Word terlihat sangat berbeda.

Tapi tidak perlu khawatir. Karena kamu dapat memperbaikinya dengan menyematkan font ke dalam dokumen Microsoft Word kamu tersebut.

Cara Menyisipkan Font di Microsoft Word

Inilah yang akan diulas OKEGUYS dalam artikel tutorial kali ini, dirangkum dari laman How to Geek. Kamu dapat menerapkannya di versi Windows Microsoft Word, PowerPoint, dan Publisher.



Catatan: Tutorial ini tidak berfungsi di Mac, iPhone, iPad, Android, atau versi Word atau PowerPoint dari website.

Untuk menambahkan font ke Microsoft Word, klik menu ‘File’ saat sedang mengerjakan dokumen di Word, PowerPoint, atau Publisher versi Windows.

Klik tautan ‘Opsi’ di bagian bawah menu yang muncul.



Klik ‘Save’ di panel kiri.

Di bawah ‘Preserve fidelity when sharing this document’, centang opsi ‘Embed fonts in the file’.

Untuk mengurangi ukuran file dokumen yang dihasilkan, pastikan untuk mencentang opsi ‘Embed only the characters used in the document (best for reducing file size)’.



Microsoft Office hanya akan menyematkan font jika digunakan dalam dokumen. Jika tidak, Office akan menyematkan font lain dari sistem ke dalam file, meskipun belum pernah digunakan.

Biarkan opsi ‘Do not embed common system fonts’ diaktifkan, untuk bantu mengurangi ukuran file dengan menghilangkan font sistem Windows yang kemungkinan telah diinstal sebelumnya.

Klik “OK” untuk menyimpan perubahan dan menyimpan dokumen secara normal. Font yang kamu gunakan dalam dokumen akan disematkan ke dalam file Microsoft Word.

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password