Tutorial Cara Mengubah File PowerPoint (PPT) ke Format PDF


Seringkali, begitu selesi presentasi, slide PowerPoint akan diminta oleh beberapa audiens. Kamu mungkin bisa langsung memberi file PowerPoint (PPT) tersebut. Akan tetapi, file dapat berisiko diubah isinya atau digunakan kembali oleh orang-orang tidak bertanggung jawab.

Untuk menghindari hal tersebut sekaligus sebagai upaya melindungi file, kamu sebaiknya mengubah file PowerPoint ke PDF terlebih dahulu. Tutorial caranya akan OKEGUYS jelaskan di dalam artikel ini. Simak sampai selesai, ya.

Cara Mengubah File PowerPoint ke PDF

Ilustrasi convert ppt to pdf

Keuntungan menyimpan file PPT dalam format PDF bukan hanya untuk melindungi keamanan dokumen kamu, tapi juga akan memperkecil ukuran file ketika harus mengirimkannya melalui e-mail.



Selain itu, ketika materi presentasi disimpan sebagai file PDF, pemformatan dan tata letak di dalamnya tidak akan berubah. Jadi, semua isi file tidak akan berantakan sama sekali.

Untuk mengubah format PowerPoint menjadi PDF dapat dilakukan dengan beberapa software/aplikasi offline atau mengakses situs web Convert PPT to PDF secara online.

Namun dalam artikel ini, OKEGUYS akan menjelaskan tutorial cara mengubah file PowerPoint menjadi format PDF. Bagaimana caranya? Yuk, langsung simak langkah-langkahnya di sini!

Menyimpan presentasi PowerPoint menjadi file PDF

Ubah file PPT ke PDF

  1. Buka dokumen PPT yang akan di-convert ke dalam format PDF. Kemudian, pilih menu ‘File’ lalu pilih ‘Ekspor’.
  2. Klik ‘Buat dokumen PDF/XPS’, lalu klik ‘Buat PDF/XPS’.
  3. Dalam kotak dialog ‘Terbitkan sebagai PDF atau XPS’, pilih lokasi folder untuk menyimpan file. Apabila ingin mengubah nama file, ketikkan nama yang baru dalam kotak ‘Nama File’.
  4. Secara opsional, jika kamu ingin mengubah tampilan akhir file PDF, kamu dapat melakukan beberapa hal berikut ini:
    • Pilih ‘Optimalkan untuk’ dan pilih ‘Standar’ kualitas lebih tinggi (misalnya, jika kamu ingin mencetaknya). Kemudian, pilih ‘Ukuran minimum’ untuk membuat file lebih kecil (jika kamu ingin mengirimnya sebagai lampiran email).
    • Klik Opsi untuk mengatur tampilan presentasi sebagai PDF.
    • Untuk menyimpan slide PowerPoint tertentu sebagai PDF, pada Slide, lalu masukkan nomor slide dalam kotak Dari dan Hingga untuk memilih slide awal dan akhir yang ingin dibuat file PDF.
    • Jika tidak ingin menyimpan slide tetapi ingin menyimpan komentar, handout, atau tampilan Kerangkanya saja, pada ‘Terbitkan apa’, pilih opsi yang sesuai. Kamu juga dapat menentukan jumlah slide yang muncul dalam kotak menurun Slide per halaman, serta mengubah urutannya (Horizontal atau Vertikal).
    • Klik OK jika sudah sesuai.
    • Terakhir, klik Save untuk menyimpan perubahan.

Selain mengikuti tutorial di atas, cara mengubah file PPT ke PDF secara gratis juga bisa melalui website Convert PPT to PDF yang tersedia di internet, di antaranya:



Cara convert file PPT menjadi format PDF melalui situs di atas hampir sama dan tidak sulit. Kamu hanya perlu memilih file PPT yang akan diubah ke PDF, lalu ‘Drag and Drop’ file tersebut atau klik ‘Upload file’ pada tampilan di website.

Setelah file terunggah di dalam website, proses konversi file akan berjalan secara otomatis. Tunggu sampai proses selesai. Terakhir, silahkan unduh dan simpan file yang sudah selesai dikonversi ke dalam folder penyimpanan laptop/PC kamu.

Nah, itulah beberapa cara mengubah dokumen PowerPoint menjadi format PDF. Gimana, Goodguys? Caranya mudah sekali, kan? Semoga tutorial di atas bermanfaat, ya!

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password