Tutorial Cara Mengonversi Presentasi Keynote ke PowerPoint


Kalau selama ini kamu bertanya-tanya bagaimana cara mengonversi Keynote ke PowerPoint, pada artikel berikut OKEGUYS akan sharing tutorialnya step by step. Simak langsung sampai selesai, ya.

Dengan mengikuti langkah demi langkah tersebut, cara mengonversi file KEY menjadi sesuatu yang kompatibel di PowerPoint pastinya tidak membingungkan kamu lagi.

Untuk diketahui, keynote adalah aplikasi presentasi gratis yang berjalan secara eksklusif di komputer Mac dan perangkat iOS seperti iPhone dan iPad.

Cara Mengonversi Presentasi Keynote ke PowerPoint

Tutorial ini akan terbagi dalam dua bagian. Pertama, cara konversi Keynote ke PPT di MacOS dan yang kedua untuk perangkat iOS.



1. Cara konversi Keynote ke PowerPoint (MacOS)

  • Pertama, kamu perlu membuka file Keynote di perangkat. Lalu pilih menu ‘File’ dan klik ‘Export To’. Dari daftar dropdown, klik pada opsi ‘PowerPoint’.

cara mengonversi keynote ke powerpoint

  • Kamu kemudian akan melihat kotak dialog “Export Your Presentation” yang muncul di layar perangkat kamu. Pastikan kamu berada di tab PowerPoint.

cara konversi keynote ke powerpoint

  • Seperti yang kamu lihat, menunya cukup sederhana. Kamu bisa memilih untuk mengunci file dengan kata sandi atau hilangkan tanda centang kotak yang bertuliskan “Require password to open”.
  • Secara default, Keynote akan mengonversi file ke format .PPTX yang terbaru. Tapi, jika kamu akan lakukan presentasi pada versi PowerPoint yang lebih lama, maka klik tombol ‘Advanced Options’. Tampilannya seperti ini:

cara mengubah keynote ke powerpoint

  • Pilih .PPT jika kamu ingin file kamu kompatibel dengan PowerPoint 1997-2003. Jika tidak, biarkan di .PPTX. Setelah kamu menentukan pilihan, klik tombol biru “Next”.
  • Di layar berikutnya, kamu akan diminta memberi nama pada file tersebut dan tentukan lokasi penyimpanan file PowerPoint baru itu.
  • Ketik nama file di kolom ‘Save As’. Lalu arahkan ke folder tempat di mana kamu ingin menyimpan file. Tekan tombol ‘Export’ biru saat kamu siap mengekspor.

cara mengubah keynote ke powerpoint

Proses konversi umumnya sangat cepat. Untuk file kecil, hanya perlu beberapa detik saja. Sementara untuk file yang lebih padat media, mungkin perlu waktu lebih lama.



Untuk memeriksa file PowerPoint baru kamu, navigasikan ke tempat yang dipilih untuk menyimpannya.

Klik dua kali file tersebut dan akan terlihat perubahan Keynote menjadi PowerPoint. Tentu, ini hanya akan berfungsi jika kamu telah menginstal PowerPoint di komputer.

Jika kamu tidak memiliki PowerPoint di Mac, Keynote akan membuka file yang baru dikonversi secara otomatis.

2. Cara mengonversi Keynote ke PowerPoint (iOS)

Tutorial kedua ini adalah proses yang perlu kamu ikuti jika ingin mengonversi Keynote ke PowerPoint di perangkat iPhone atau iPad.

Berikut langkahnya step by step:



  • Pertama, buka Keynote di perangkat. Kemudian pilih folder tempat di mana kamu akan menyimpan file Keynote tersebut.
  • Misalnya, bisa di iCloud Drive, Google Drive, atau layanan cloud lain yang terhubung ke perangkat. Alternatif lainnya yaitu mencari file Keynote dengan memilih dari daftar ‘Favourites’ atau bahkan dari Tag berkode warna.

  • Hal berikutnya yang perlu dilakukan adalah mengetuk file tersebut dan membukanya. Kemudian, ketuk ikon elipsis (…) di sudut kanan atas untuk membuka pengaturan menu lainnya.

  • Kamu kemudian akan melihat layar di bawah. Ketuk opsi ‘Export’.

  • Di layar ‘Export’, ada sejumlah opsi yang dapat dipilih, seperti PDF, PowerPoint, Film, GIF Animasi, Gambar, Tema Keynote. Karena tutorial ini tentang mengubah Keynote ke PowerPoint, pastikan kamu mengetuk pilihan ‘PowerPoint’.

  • Perhatikan, tidak seperti proses konversi di MacOS di mana kamu dapat memilih antara .PPTX dan .PPT, di perangkat iOS kamu tidak bisa melakukan perubahan tersebut. Semua file presentasi yang dikonversi akan tersimpan dalam format .PPTX.
  • Meskipun demikian, setelah kamu mengetuk PowerPoint, ada muncul jendela seperti di gambar bawah. Ini memberitahumu bahwa Keynote telah mengubah atau membuat presentasi PowerPoint baru.

Penutup

Nah, bagaimana Goodguys? Sudah tahu ya bagaimana cara mengonversi Keynote ke PowerPoint dengan mudah? Coba langkahnya step by step dan semoga tutorial ini bermanfaat!

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password