Tutorial Cara Mengonversi Baris ke Kolom di Excel dengan Mudah


Seperti biasa, OKEGUYS akan membahas beragam tutorial paling asik yang penting kamu ketahui nih, Goodguys.

Kali ini, ada tutorial cara mengonversi baris ke kolom di Ms Excel dengan mudah dan cara mengubah urutan data dari baris ke kolom.

Bagaimana ya caranya? Apakah harus mengubah semua baris menjadi kolom di Microsoft Excel secara satu per satu? Pasti itu bakal memakan banyak waktu, ya.

Untuk memudahkan pekerjaan, kamu tidak perlu memasukkan kembali semua data tersebut. Cukup gunakan fitur “Transpose” pada Microsoft Excel.



Kemudian, pilih sel yang berisi judul dan data yang ingin kamu ubah urutannya.

Klik tombol “Copy” atau tekan Ctrl + C untuk menyalin sel yang dipilih.

Klik sel kosong tempat kamu ingin menyalin data yang ingin dialihkan. Sel yang kamu pilih menjadi pojok kiri atas dari apa pun yang disalin tadi. Perhatikan gambar di bawah.



Lalu, klik panah bawah di bawah tombol “Paste”, dan klik tombol “Transpose” pada menu drop-down yang tersedia.

Sama seperti itu, baris di Excel akan berubah menjadi kolom. Begitu juga sebaliknya, kolom menjadi baris -lengkap dengan pemformatan apa pun yang telah diterapkan ke pilihan awal.



Perhatikan bahwa data asli Microsoft Excel yang telah dialihkan sebelumnya masih ada, ya. Kamu masih bisa memilih sel-sel itu lagi, dan menghapusnya jika mau.

Ini trik cepat, tetapi pasti jauh lebih cepat dan mudah daripada mengetik ulang semua data kamu dan memformat baris itu lagi satu per satu.

Silahkan diaplikasikan tutorial di atas ya, Goodguys. Semoga bermanfaat!

Sumber: How to Geek

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password