Tutorial Cara Menghitung Jumlah Sel (Kolom) Terisi di Microsoft Excel


Microsoft Excel selama ini mungkin dikenal dengan kalkulasi dan rumus yang rumit. Meski begitu, Excel tidak membosankan dalam hitungan aritmatika sederhana, justru sangat membantu.

Ada beberapa cara menemukan solusi untuk hal-hal berkaitan aritmatika sederhana, seperti mencari dan menghitung jumlah angka dalam beberapa sel.

Artikel OKEGUYS kali ini pun akan menjelaskan bagaimana cara menghitung jumlah sel di Microsoft Excel yang selama ini dibayangkan sangat sulit, padahal tidak demikian.

Cara Menghitung Jumlah Sel Terisi di Excel

Ada dua cara yang dapat kamu lakukan untuk menghitung jumlah sel yang terisi data dari sebuah range dalam Excel. Langsung simak langkahnya step by step di bawah ini, dirangkum OKEGUYS dari How to Geek:



1. Menemukan Jumlah Bilangan di Kolom atau Sel yang Berdekatan

  • Cara tercepat untuk menghitung jumlah kotak di Excel yakni dengan menyorot daftar angka, lalu memeriksa bagian kanan bawah layar. Di sini, kamu akan menemukan jumlah sel yang dipilih serta rata-ratanya dan jumlah sel yang ditambahkan.

menghitung sel Excel

  • Namun dalam hal ini, anggaplah kamu ingin menambahkan jumlah sel tersebut ke workbook itu sendiri. Sorot nomor yang ingin kamu tambahkan.

menghitung sel Excel

  • Dari tab “Formulas”, klik “Autosum” untuk menemukan jumlah daftar angka. Setelah kamu mengklik, Excel secara otomatis akan menambahkan jumlah tersebut ke bagian bawah daftar ini.

menghitung sel kolom Excel

  • Atau cara alternatifnya, kamu dapat mengetikkan rumus = SUM (D1: D7) pada bilah rumus. Kemudian, tekan “Enter” pada keyboard atau klik tanda centang di bilah rumus untuk menjalankan rumus tersebut.
  • Ubah huruf dan angka dalam tanda kurung agar pas dengan workbook kamu.

menghitung sel microsoft excel

2. Menemukan Jumlah Bilangan di Kolom atau Sel yang Tidak Berdekatan

  • Klik sel kosong mana pun di worksheet Excel kamu. Nantinya, itu akan menjadi sel (kotak) tempat kamu ingin menampilkan jumlah kolom yang tidak berdekatan.

menghitung jumlah sel excel



  • Dari tab “Formulas”, klik ikon panah ke bawah (drop-down) di sebelah kanan menu “Autosum”.

menghitung jumlah kolom excel

  • Pilih “Sum” pada menu ‘Autosum’ tersebut.

menghitung jumlah sel microsoft excel

  • Klik nomor pertama dalam rangkaian (sel).

cara menghitung sel terisi microsoft excel

  • Tahan tombol “Shift” dan kemudian klik nomor terakhir di kolom itu untuk memilih semua nomor di antaranya.

cara menghitung jumlah sel excel

  • Untuk menambahkan kolom kedua angka, ketik dan tahan tombol Ctrl, lalu gulirkan ke bawah dari angka pertama ke terakhir pada kolom.
  • Cara alternatifnya tentu ada. Kamu dapat menambahkan rumus = SUM (D1: D7, F1: F7) ke bilah rumus. Lalu, tukar sel di dalam tanda kurung sesuai dengan kebutuhan kamu.

cara menghitung jumlah sel kolom excel



  • Tekan tombol “Enter” pada keyboard, atau tanda centang di bilah rumus untuk menjalankan rumus.

menghitung jumlah sel kolom excel

  • Selesai.

Nah, demikianlah tutorial cara menghitung jumlah sel di Microsoft Excel, baik itu kolom atau sel yang berdekatan maupun tidak berdekatan.

Sebelum mengikuti step by step di atas, pastikan sel Excel yang akan dihitung sudah terisi data dari sebuah range dalam workbook Excel kamu.

Sekilas mungkin terlihat sulit, tapi kamu bisa coba latihan sendiri dengan langkah-langkah di atas. Semoga bermanfaat ya, Goodguys!

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password