Tutorial Cara Menghilangkan Print Area di Spreadsheet Microsoft Excel


Halo Goodguys! Pada artikel kali ini, kita akan membahas tutorial Microsoft Excel yaitu cara menghilangkan print area di Microsoft Excel.

Print Area digunakan untuk menandai area yang akan di-print. Biasanya fitur ini digunakan pada saat akan mencetak (print) file Excel yang memanjang ke bawah.

Area print menjadi solusi yang baik saat kamu perlu mencetak beberapa data dalam sebuah file, tetapi tidak semuanya.

Cara Menghilangkan Area Print di Microsoft Excel

Untuk mengosongkan print area di Excel sangat mudah, kok. Kamu cukup ikuti langkah-langkahnya, sebagai berikut:



1. Terlebih dahulu buka dokumen Excel yang akan dihilangkan print areanya. Pastikan juga print area di dokumen tersebut diaktifkan.

2. Kemudian, silahkan masuk ke ‘Page Layout’ di bagian menu atas pada spreadsheet yang dibuka

3. Klik menu drop-down ‘Print Area’ di bagian Page Setup pada pita di bagian atas jendela. Lalu, pilih opsi ‘Clear Print Area’.



4. Secara otomatis, Print Area di spreadshet Microsoft Excel itu akan menghilang alias telah dikosongkan.

5. Setelah mengosongkan area cetak, ada baiknya untuk memeriksa Pratinjau Cetak atau ‘Print Preview’ sebelum kamu mengklik tombol Cetak.

Cara ini akan menghemat banyak kertas yang terbuang, semisal ada kesalahan print, terutama jika kamu berurusan dengan spreadsheet yang sangat besar.

6. Apabila sudah yakin tidak ada kesalahan lagi, selanjutnya kamu dapat mengklik opsi ‘Print’ untuk mencetak spreadsheet tersebut.

Catatan:

Jika kamu ingin mencetak spreadsheet Excel dan mengabaikan area cetak, kamu dapat memilih opsi ‘Ignore Print Area’ pada menu ‘Print’.



Kamu dapat menemukan pengaturan ini melalui tab File. Kemudian pilih Print, lalu klik menu drop-down Print Active Sheets, dan pilih Ignore Print Area.

Nah, itulah tutorial singkat OKEGUYS tentang cara menghilangkan Print Area di Microsoft Ecel. Semoga artikel ini bermanfaat ya.

Jika ada pertanyaan, silahkan tuliskan pada kolom komentar di bawah. Sampai ketemu di artikel berikutnya, Goodguys!

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password