Tutorial Cara Menghapus Hyperlink Teks di Dokumen Microsoft Word


Jika kamu menyalin teks dari website dan menempelkannya ke Ms Word, hal itu dapat mengganggu ketika hyperlink otomatis menempel pada teks tersebut. Betul, kan?

Lalu, bagaimana cara menempelkan teks dengan mudah tanpa hyperlink di Microsoft Word? Kemudian, bagaimana pula cara menghapus hyperlink dari teks yang ditempelkan tersebut di Word?

Nah, pertanyaan itulah yang akan menjadi bahasan di artikel OKEGUYS kali ini, tutorial cara menyalin teks ke Microsoft Word tanpa hyperlink, dirangkum dari laman How to Geek:

1. Menghapus Hyperlink Teks dengan Opsi ‘Paste Special’

Opsi pertama untuk menghapus tautan pada teks yang dicopy ke Ms Word yaitu menggunakan opsi ‘Paste Special’. Selengkapnya bisa ikuti langkah-langkah berikut:



Mulailah dengan dokumen Word kosong. Lalu, salin teks yang kamu inginkan untuk ditempelkan di Word.

Untuk menempelkan teks tanpa hyperlink, pastikan tab ‘Home’ sudah aktif. Kemudian, klik panah bawah pada tombol ‘Paste’ dan klik tombol ‘Keep Text Only’.

Saat kamu menggerakkan mouse ke atas tombol ‘Keep Text Only’, teks di dalam dokumen akan menampilkan preview-nya.

Kamu juga dapat mengklik kanan di dokumen dan mengklik tombol “Keep Text Only” pada menu pop-up.



Selanjutnya, hyperlink telah dihapus. Namun, gaya Normal atau Default akan diterapkan ke teks, jadi kamu perlu mengubah font dan tata letak lainnya jika itu bukan pemformatan yang kamu inginkan.

2. Menghapus Hyperlink dari Teks yang Sudah Ada di Dokumen

Jika teks yang termasuk hyperlink sudah ada di dokumen Word kamu, silahkan pilih teks hyperlink dan tekan Ctrl + Shift + F9.

Semua hyperlink nantinya akan dihapus dari teks yang dipilih dan pemformatan asli (Default) akan dipertahankan.



Untuk menghapus satu hyperlink, klik kanan pada hyperlink dan pilih ‘Remove Hyperlink’ pada menu pop-up.

Penutup

Selain dua cara di atas, ada berbagai cara untuk menghilangkan hyperlink dalam teks yang ditempelkan ke dokumen Ms Word.

Metode apapun yang nantinya digunakan tidak ada masalah, karena itu tergantung pada preferensi dan kebutuhan.

Namun biasanya, shortcut Ctrl + Shift + F9 paling banyak digunakan karena merupakan cara paling mudah dan dapat berfungsi di semua versi Word.

Secara default, hyperlink otomatis disisipkan saat mengetik alamat email dan URL di dokumen Microsoft Word. Tapi, jika kamu tidak ingin hyperlink disisipkan secara otomatis, kamujuga dapat menonaktifkan fitur itu.

Jika kamu memiliki metode lain yang dapat digunakan untuk menghapus hyperlink dari dokumen Word, boleh berbagi padakolom komentar di bawah ya, Goodguys!

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password