Tutorial Cara Menghapus Halaman Kosong di Microsoft Word


Cara menghapus halaman kosong di Microsoft Word akan OKEGUYS bahas dalam artikel ini. Mungkin saja, selama ini kamu kebingungan setiap kali muncul halaman kosong di dokumen Word.

Untuk menghapus halaman kosong di Ms Word sebenarnya tidak sulit. Meski begitu, kamu perlu perhatikan langkahnya satu per satu.

Cara Menghapus Halaman Kosong di Ms Word

Cara menghapus halaman kosong di MIcrosoft Word

Keberadaan halaman kosong di Ms Word seringnya tidak kamu sadari. Karena halaman kosong bisa saja muncul di bagian tengah, akhir, atau di tengah dan akhir dokumen.



Oleh sebab itu, OKEGUYS akan mengulas beberapa cara menghapus halaman kosong (blank page) di Microsoft Word. Berikut langkah-langkahnya:

1. Menghapus Halaman Kosong di Tengah dan Akhir

Bila halaman kosong muncul di tengah dan akhir dokumen, silahkan coba cara ini. Klik dan geser mouse untuk memilih baris kosong. Kemudian, tekan tombol DELETE pada keyboard.

Cara ini bisa juga kamu terapkan untuk menghapus baris kosong, page break, dan section break. Halaman kosong tersembunyi (hidden blank page) biasa muncul di Print Preview namun tidak terlihat di Print Layout View.

Munculnya halaman kosong tersembunyi ini disebabkan penggunaan Section Break (Odd Page) yaitu section baru dimulai di halaman selanjutnya yang bernomor ganjil.

2. Menghapus Halaman Kosong Lebih dari Satu di Akhir

Selanjutnya, bila halaman kosong di Word ada lebih dari satu halaman dan berada di halaman terakhir dari dokumen Word, maka terapkan cara berikut ini:



  • Klik pada baris kosong pertama di halaman yang akan dihapus.
  • Kemudian tekan tombol CTRL + SHIFT + End.
  • Otomatis, Ms Word akan memilih atau menyorot baris mulai dari posisi pointer sampai dengan baris terakhir dokumen.
  • Lalu, tekan tombol DELETE untuk menghapus semua baris tersebut.

3. Menghapus Halaman Kosong setelah Tabel

Ketika menyisipkan tabel (table) pada dokumen, Microsoft Word secara otomatis akan membuat satu baris paragraf baru yang kosong di bagian bawah tabel. Ditandai dengan tanda paragraf (paragraf mark).

Untuk menghapus halaman kosong setelah tabel tidak bisa hanya dengan cara menekan tombol Delete atau Backspace sebagaimana di poin sebelumnya.

Berikut langkah-langkah yang bisa dicoba untuk hilangkan halaman kosong tersebut:

  • Pertama, aktifkan fitur Show All Formatting Marks dengan cara klik ‘Show/Hide’ pada Home tab, Paragraph grup. Atau tekan tombol shortcut CTRL + SHIFT + * pada keyboard.
  • Pilih tanda paragraf di bawah tabel tersebut (final paragraph marker), lalu klik kanan pada keyboard.
  • Pada pop-up menu, pilih Paragraph untuk menampilkan kotak dialog.
  • Di tab Indents and Spacing, bagian Spacing, aturlah nilai Before dan After menjadi 0 (nol). Untuk Line spacing, pilih Single.
  • Klik OK untuk menutup kotak dialog.
  • Dengan tanda paragraf tetap dipilih, atur ukuran font menjadi 1 (Home tab, Font grup, di ukuran font, ketik angka 1). Cara ini untuk membuat ukuran font menjadi sekecil mungkin.
  • Hasilnya, tanda paragraf akan dipindahkan ke halaman sebelumnya dan halaman kosong pun akan hilang.

Catatan:

  • Tekan tombol CTRL + Z (Undo) untuk membatalkan semua proses penghapusan halaman kosong bila tidak sesuai dengan yang diharapkan.
  • Tekan tombol CTRL + F2 (Print Preview) untuk memastikan apakah dokumen memiliki halaman kosong atau tidak.

Nah, itulah tutorial cara menghapus halaman kosong ataupun cara menghilangkan halaman kosong di tengah dan akhir dari dokumen Microsoft Word. Semoga bermanfaat, ya!



Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password