Tutorial Cara Menggunakan Format Painter di PowerPoint


Halo Goodguys! Pada artikel ini, OKEGUYS akan menjelaskan tutorial cara menggunakan Format Painter di Microsoft PowerPoint untuk menyalin format teks obyek.

Tapi, sebelum membahas tutorial PowerPoint berkaitan dengan Format Painter, ada baiknya kamu ketahui pula apa saja yang dapat kamu lakukan dengan Format Painter.

Jadi, dengan Format Painter, kamu bisa menyalin format objek dalam satu file PowerPoint maupun dari dokumen PowerPoint lainnya.

Tools Format Painter juga memungkinkan untuk menyalin obyek seperti warna garis, bentuk, warna isian, efek, batas gambar, format grafik, teks atau format paragraf (termasuk WordArt di PowerPoint 2013 dan 2016).



Cara Menggunakan Format Painter di PowerPoint

Bagi kamu yang bergelut di bidang bisnis, menggunakan Format Painter di PowerPoint akan sangat memudahkan pekerjaan kamu.

Karena itu, yuk langsung simak tutorial cara menggunakan Format Painter di PowerPoint step by step dalam artikel di bawah:

Langkah 1.

– Buka file PowerPoint. Kemudian, klik pada objek di dalam yang formatnya ingin kamu salin. Dalam contoh ini, format Objek 1 akan disalin ke dalam Objek 2.

Objek 1 memiliki properti berikut:

  • Font Lato Black
  • Ukuran font 60
  • Warna font oranye
  • Cetak miring
  • Digarisbawahi

Objek 2 memiliki properti berikut:



  • Font Kaliber
  • Ukuran font 24
  • Warna font hitam

– Sekarang, silahkan klik dan sorot Objek 1.

format painter PowerPoint

Langkah 2.

– Pilih menu tab Home pada menu Ribbon di PowerPoint, dan klik pada tombol Format Painter atau tekan Ctrl + Shift + C pada keyboard.

menggunakan format painter PowerPoint

– Kemudian klik Format Painter. Otomatis, penunjuk mouse akan berubah menjadi ikon kuas.



Langkah 3.

– Klik objek yang ingin kamu salin format pada Objek 1. Dalam hal ini, kita akan mengklik teks ‘Object 2’. Atau, kamu dapat menekan Ctrl + Shift + V pada keyboard, seperti berikut ini:

menggunakan format painter PowerPoint

Selesai deh! Sekarang, bagaimana cara menyalin format Objek 1 ke banyak objek lain? Berikut penjelasannya!

Format Painter untuk Menyalin Format Satu Objek menjadi Beberapa Objek

Pada dasarnya, tidak ada tombol rahasia atau cara khusus untuk menyalin satu format objek menjadi beberapa objek di sejumlah slide PowerPoint.

Kamu hanya perlu mengklik dua kali pada ikon Format Painter dan klik pada objek yang ingin kamu salin ke dalam format Objek 1.

Selain itu, fungsi ini akan tetap aktif selama penunjuk mouse kamu disetel ke ikon kuas.

Setelah kamu memformat semua elemen yang ingin kamu format, cukup tekan tombol ESC pada keyboard. Seketika penunjuk mouse akan disetel ulang ke pengaturan default.

Catatan:

Tidak dapat disangkal bahwa tools Format Painter sangat berguna di PowerPoint, tapi tentu ada keterbatasan hal yang tidak dapat dilakukan oleh tools ini, di antaranya:

  • Kamu dapat menyalin format gambar (batas, efek, gaya) tetapi tidak dapat menyalin gambar. Untuk menyalin gambar, kamu harus menggunakan shortcut Copy dan Paste.
  • Kamu tidak dapat menyalin dan memperbesar bentuk objek.
  • Selain itu, kamu tidak dapat menyalin efek animasi dari suatu objek.

Itulah tadi penjelasan tentang tutorial cara menggunakan Format Painter di Microsoft PowerPoint untuk menyalin format obyek dalam satu file PowerPoint maupun dari dokumen PowerPoint lainnya.

Semoga bermanfaat untuk kamu ya, Goodguys!

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password