Tutorial Cara Mengganti Semua Font dalam Slide Presentasi Sekaligus


Kadang, ada momen di mana kamu ingin mengganti jenis font dalam slide presentasi PowerPoint agar lebih menarik. Terkait font, kamu bisa mengubahnya kapan pun sesuai kebutuhanmu.

Tapi, bagaimana jika font yang ada di slide presentasi tersebut ingin kamu ganti semuanya? Apakah itu artinya kamu harus edit font dengan membuka slide satu per satu? Wah kalau demikian, pasti bakal makan waktu juga ya.

Eits jangan sedih dulu, OKEGUYS punya kok tutorial lengkap cara mengganti semua font dalam slide presentasi PowerPoint sekaligus.

Cara Mengubah Font pada Slide Presentasi PowerPoint

Cara termudah untuk mengubah font pada slide presentasi PowerPoint berdasarkan template adalah dengan mengubah presentasi dalam tampilan Master Slide.



Master Slide berisi font, gambar, dan latar belakang yang muncul di seluruh presentasi. Ada tiga Master Slides yang berbeda, yakni Master Catatan, Master Handout, dan yang paling umum adalah Master Slide biasa.

Pada dasarnya, mengganti semua font judul dan teks isi slide menggunakan Master Slide itu mudah. Namun, hal itu tetap saja tidak memengaruhi kotak teks apa pun yang telah ditambahkan secara terpisah ke presentasi kamu.

Jika font yang ingin kamu ubah bukan bagian dari slide template, kamu dapat mengganti satu font dengan font lainnya di kotak teks yang ditambahkan secara keseluruhan.

Fungsi ini berguna saat kamu menggabungkan slide dari presentasi berbeda yang menggunakan font berbeda dan kemudian kamu ingin semua font konsisten sama.

Untuk mengganti semua font presentasi sekaligus pada satu waktu, PowerPoint punya fitur Replace Font yang membantu kamu melakukan perubahan tersebut dengan cepat.



Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka kotak dialog ‘Replace Fonts’.

  • Di PowerPoint 2019 dan PowerPoint untuk Microsoft 365, tekan panah di samping ‘Replace’ dan pilih ‘Replace Fonts’.
  • Di PowerPoint 2016, pilih Format pada menu bar dan pilih ‘Replace Fonts’ di menu drop-down.

2. Dalam kotak dialog ‘Replace Fonts’, di bawah ‘Replace’, pilih font yang ingin kamu ubah dari daftar drop-down font dalam presentasi.

3. Di bawah judul With, pilih font baru untuk presentasi.

4. Klik tombol ‘Replace’. Semua teks yang ditambahkan dalam presentasi yang menggunakan font asli sekarang muncul dalam pilihan font baru kamu.



5. Ulangi langkah-langkah di atas jika ada file presentasi lainnya yang juga ingin kamu ubah font-nya sekaligus.

Catatan:

Tutorial mengubah font slide presentasi dalam artikel ini berlaku untuk Microsoft PowerPoint 2019, versi 2016, Microsoft 365, dan PowerPoint untuk Mac.

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password