Tutorial Cara Mengedit File Microsoft Word yang Sama secara Bersamaan


Terkadang untuk keperluan tertentu, ada satu dokumen yang harus kamu edit bersama anggota kelompok. Cara mengedit satu file yang sama di Microsoft Word secara bersamaan bisa dikerjakan dalam waktu singkat, asalkan kamu tahu tahapannya.

Nah buat kamu yang masih bingung cara mengedit satu file Word bersamaan, pada artikel ini OKEGUYS akan jelaskan langkah-langkahnya step by step. Simak sampai selesai ya, Goodguys.

Cara Mengedit Satu File Bersamaan di MS Word

Mengedit file Microsoft Word bersamaan

Pekerjaan mengedit satu dokumen yang sama oleh dua orang atau lebih terkadang bisa memakan waktu lama. Salah satunya file Microsoft Word. Belum lagi harus mengganti nama file satu per satu. Wah, membayangkannya saja sudah ribet, ya.



Padahal, jika kamu tahu cara cepatnya, urusan seperti itu tidak menghabiskan banyak waktu. Karena Microsoft Word menawarkan alternatif gratis untuk mengedit satu file yang sama secara bersamaan.

Dengan catatan, perangkat PC/laptop yang kamu gunakan untuk mengedit dokumen MS Word sudah dipastikan telah terhubung jaringan internat.

Dari laman resmi Microsoft, fasilitas edit file bersamaan di Word ini akan memudahkan tugas kelompok jadi lebih cepat. Fasilitas tersebut bisa digunakan di Microsoft Word 2010, Word 2013, dan Word for Mac 2011.

Berikut OKEGUYS merangkum langkah-langkah mengedit dokumen Word secara bersamaan oleh beberapa orang yang bisa kamu coba sendiri:

  1. Pertama, buka terlebih dahulu file Word yang akan diedit.
  2. Jika dirasa semua data sudah beres, simpanlah file dokumen Word tersebut ke dalam OneDrive atau Share Point Online.
  3. Untuk medapatkan perintah tersebut, pilih menu File. Pada menu ‘File’, silahkan pilih ‘Save As’.
  4. Selanjutnya, cari tombol ‘Share’ untuk membagi file pada alamat email anggota kelompok.
  5. Tetapkan izin mengakses untuk setiap anggota kelompok dengan klik Can Edit” (selected by default).
  6. Masukkan pesan jika diperlukan.
  7. Pada perintah ‘Automatically share changes’, silahkan klik “Always”. Perintah “Always” memungkinkan setiap anggota melihat perubahan dokumen secara real time saat anggota lain sedang mengedit. Anggota kelompok juga dapat melihat jumlah anggota lain dan aktivitas masuk atau meninggalkan dokumen.
  8. Jika semua tahapan di atas sudah selesai, klik ‘Share’ untuk membagikan link dokumen online ke setiap anggota.

Untuk diketahui, link dokumen MS Word yang hendak diedit akan terkirim ke email setiap anggota kelompok. Jika mereka belum meng-install program Microsoft Word di dekstop, secara otomatis dokumen akan terbuka dalam versi Word atau Word Online.



Nah, itulah beberapa cara mengedit dokumen Microsoft Word yang sama secara bersamaan. Gimana, Goodguys? Caranya mudah, kan? Semoga tutorial di atas bermanfaat!

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password