Tutorial Cara Print Tulisan di Amplop Surat Pakai Microsoft Word


Kamu pasti termasuk yang sering menggunakan software Microsoft Word untuk berbagai keperluan ya. Salah satunya membuat amplop dengan tulisan tertentu dan kemudian mencetaknya.

Microsoft Word merupakan pilihan software yang tepat untuk membuat amplop surat dengan tulisan tertentu. Tak hanya itu, kamu juga bisa print tulisan di amplop surat tersebut menggunakan Microsoft Word.

Bagaimana caranya, ya? Yuk langsung simak ulasannya di artikel berikut ini, Goodguys!

Cara Print Amplop Surat di Microsoft Word

Cara mencetak tulisan di amplop pakai Ms Word rupanya tidak sesulit yang kamu pikirkan, kok. Karena di Microsoft Word ada fitur khusus yang dirancang untuk menyelesaikan tugas tersebut.



Langkah-langkahnya sebagai berikut, dirangkum OKEGUYS dari How To Geek, Selasa(10/11/2020):

1. Memasukkan informasi/tulisan untuk amplop

cara mencetak tulisan di amplop

Terlebih dahulu, buka dokumen Ms Word di komputer atau laptop. Lalu, pilih opsi ‘Mailing’ pada menu tab di bagian atas dokumen Word yang dibuka.

Selanjutnya, klik opsi ‘Envelope’ yang ditandai dengan ikon amplop di atasnya. Kotak dialog Envelopes and Labels pun akan muncul.

Pada bagian ini, masukkan semua informasi atau tulisan untuk di amplop. Kemudian, di kotak ‘Delivery Address’, masukkan alamat penerima dan di kotak ‘Return Address’ letakkan nama dan alamat kamu sebagai pengirim.



Namun, bagian tersebut bisa diabaikan dengan mencentang kotak ‘Omit’ jika kamu mau. Apabila semua informasi sudah kamu masukkan, silahkan klik ‘Option’.

2. Mengatur printer dan ukuran amplop

cara print tulisan amplop di Word

Tahap kedua untuk mencetak tulisan di amplop menggunakan Ms Word yaitu dengan mengatur printer serta ukuran amplop yang akan digunakan nantinya.

Caranya, di jendela opsi ‘Envelope’ yang terbuka, pilih metode apa yang akan kamu lakukan untuk memasukkan amplop ke dalam printer. Setelah itu, lanjutkan ke tab “Envelope Options”.

Pada bagian ini, ubahlah ukuran amplop dan font tulisan dengan klik dropdown ‘Envelope Size’ untuk melihat list ukuran amplop yang berbeda-beda dan pilihlah sesuai kebutuhan.



Untuk kustomisasi font, klik tombol ‘Font’ di bawah item masing-masing. Jika sudah selesai mengatur ukuran amplop dan font tulisan, klik ‘OK’.

Sebagai tambahan, berikut ini berbagai jenis ukuran amplop standar di Indonesia yang bisa kamu pilih.

  • Amplop C4: ukuran 229 × 324 mm (9 x 12.8 inci), sesuai untuk kertas A4.
  • Amplop C3: ukuran 324 × 458 mm (12.8 x 18 inci), sesuai untuk kertas A3.
  • Amplop B6: ukuran 125 × 176 mm (4.9 x 6.9 inci), sesuai untuk kertas C6.
  • Amplop B4: ukuran 250 × 353 mm (9.8 x 13.9 inci), sesuai untuk kertas C4.
  • Amplop E4: ukuran 280 × 400 mm (11 x 15.75 inci), sesuai untuk kertas B4.
  • Amplop C7: ukuran 81 x 114 mm (3.2 x 4.5 inci), sesuai untuk kertas A7 (atau kertas A6 yang dilipat dua sebanyak satu kali).
  • Amplop C7/C6: ukuran 81 x 162 mm (3.19 x 6.4 inci), sesuai untuk kertas berukuran 1/3 A5.
  • Amplop C7: ukuran 81 x 114 mm (3.2 x 4.5 inci), sesuai untuk kertas A7 (atau kertas A6 yang dilipat dua sebanyak satu kali).
  • Amplop C7/C6: ukuran 81 x 162 mm (3.19 x 6.4 inci), sesuai untuk kertas berukuran 1/3 A5.
  • Amplop C6: ukuran 114 × 162 mm (4.5 x 6.4 inci), sesuai untuk kertas A6 (atau kertas A4 yang dilipat dua sebanyak dua kali).
  • Amplop C6/C5: ukuran 114 × 229 mm (4.5 x 9 inci), sesuai untuk kertas berukuran 1/3 A4.
  • Amplop C5: ukuran 162 × 229 mm (6.4 x 9 inci), sesuai untuk kertas A5 (atau kertas A4 yang dilipat dua sebanyak satu kali).

Catatan:

Ukuran-ukuran amplop di atas merupakan ukuran amplop standar di Indonesia. Untuk ukuran amplop di Microsoft Word bisa dilihat pada ‘Envelope Size’ pada saat setting kertas ukuran amplop.

3. Melihat pratinjau amplop sebelum dicetak

cara print tulisan di amplop Word

Selanjutnya, silahkan kembali ke jendela ‘Envelopes and Labels’. Kemudian, klik tombol ‘Add to Document’. Nah, di bagian ini, kamu perlu pastikan apakah akan menggunakan alamat pengirim sebagai alamat pengirim default.

Silahkan pilih ‘Ya’ atau ‘Tidak’. Bila sudah, kamu dapat melihat pratinjau dari amplop sebelum di-print. Pastikan tidak ada kesalahan dalam penulisan seperti typo atau semacamnya.

4. Mencetak tulisan di amplop

cara mencetak tulisan di amplop Microsoft Word

Dan langkah terakhir dalam tutorial cara print tulisan di amplop surat menggunakan Microsoft Word yakni dengan mencetak tulisan.

Untuk mencetaknya, kamu perlu masuk kembali pada jendela ‘Envelopes and Labels’, lalu pilih opsi ‘Print’ untuk mencetak.

Pastikan sambungan komputer atau laptop pada perangkat printer sudah terpasang. Posisikan amplop dengan benar di printer. Hasil cetak tulisan di amplop pun bisa terlihat.

Penutup

cara print tulisan di amplop surat Word

Nah, itulah pembahasan tentang tutorial cara print amplop di Microsoft Word, mulai dari mengatur ukuran amplop sampai proses mencetaknya. Silahkan dipelajari dan ikuti langkahnya step by step, ya. Semoga artikel ini bermanfaat, Goodguys!

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password