Tutorial Cara Menambahkan Timer PowerPoint ke dalam Slide Presentasi


Hal terbaik tentang mengoperasikan PowerPoint adalah memungkinkan kamu menyesuaikan slide presentasi sesuai kebutuhan, mulai dari grafik, bagan, latar belakang custom, hingga menambahkan timer PowerPoint ke dalam slide presentasi.

Dalam artikel ini, OKEGUYS akan membagikan cara menambahkan penghitung waktu mundur gratis dengan mudah di presentasi PowerPoint kamu.

Tak hanya itu, kamu bahkan dapat membuat pengatur waktu atau timer PowerPoint sendiri lho, Goodguys!

Cara Menambahkan Timer PowerPoint dalam Slide

Menambahkan penghitung waktu mundur PowerPoint bisa menjadi alat yang sangat berguna saat melakukan presentasi.



Pengatur waktu dapat membantu kamu dan audiens menyadari berapa lama waktu telah berlalu.

Selain itu, pengatur waktu sangat berguna jika kamu memiliki batas waktu karena jadwal padat.

Misalnya, jika kamu memiliki jumlah waktu tertentu yang dapat digunakan untuk setiap slide, termasuk di setiap sesi tanya-jawab dengan audiens.

1. Cara Menambahkan Timer dengan Add-in PowerPoint

Cara termudah untuk menambahkan penghitung waktu mundur gratis ke presentasi kamu adalah melalui add-in PowerPoint.

Add-in adalah alat khusus yang dapat kamu rambahkan ke toolbar default PowerPoint.



Kamu akan menemukan add-in untuk grafik yang dipersonalisasi, ide desain, alat produktivitas, dan sebagainya. Dan tentu saja, kamu akan menemukan banyak add-in yang menawarkan fitur menambahkan timer PowerPoint untuk slide presentasi kamu.

timer powerpoint dalam slide presentasi

Caranya mudah kok, kamu hanya perlu membuka file PowerPoint yang akan ditambahkan timer. Kemudian masuk ke menu “Insert” > “Get Add-ins” dan temukan Add-in Microsoft Office sesuai kebutuhan dengan mengetik kata kunci “Timer” di kotak pencarian.

menambahkan timer powerpoint dalam slide presentasi

Dalam artikel kali ini, OKEGUYS merekomendasikan dua fitur Add-in yang cukup mudah digunakan, yaitu
EasyTimer dan Breaktime.



EasyTimer menawarkan tiga opsi berbeda untuk penghitung waktu mundur PowerPoint, yakni jam analog persegi, jam digital, dan penghitung waktu mundur berbentuk batang.

Sedangkan add-in Breaktime sangat ideal bagi kamu yang memang mencari penghitung waktu mundur PowerPoint untuk waktu istirahat presentasi.

Sama seperti Easy Timer, kamu hanya perlu mengatur berapa banyak waktu yang diinginkan untuk hitung mundur.

Adapun keunggulan Breaktime adalah dapat menambahkan latar belakang bertema pada timer kamu. Kamu bisa pilih desain yang berbeda, seperti kopi, buku, atau menu makan siang.

2. Cara Membuat Pengatur Waktu (Timer) dalam Presentasi PowerPoint

Untuk membuat penghitung waktu mundur Microsoft PowerPoint sendiri ternyata lebih mudah dari yang kamu kira nih, Goodguys.

Kamu hanya perlu menambahkan bentuk atau model pengatur waktu (timer) dan menggunakan tab “Animations”. Berikut ini

  • Buka slide yang ingin Anda tambahkan PowerPoint dan gambar bilah Anda di mana pun Anda inginkan. Pertimbangkan bahwa pengatur waktu akan terlihat lebih rapi jika ujung pengatur waktu (di mana ia akan menghilang) sesuai dengan batas slide. Gunakan tab Insert tab > Shape > Rectangle untuk menggambarnya.

menambah timer powerpoint dalam slide

  • Pilih Shape yang diinginkan, lalu pilih tab “Animations”. Pilih “Add Animation” dan pilih opsi Fly Out pada grup “Exit”.

menambah pengatur waktu timer powerpoint

  • Sekarang, saatnya menyesuaikan animasi agar tampak seperti penghitung waktu mundur. Caranya, pada tab “Animations” klik opsi “Effect”. Di sini kamu dapat memilih ke arah mana kamu ingin timer menghilang. Jika bilah vertikal, klik menu “To Bottom” Dan selanjutnya sesuai keinginan.

menambah timer powerpoint dalam slide presentasi

  • Terakhir, tambahkan waktu. Di ujung bagian kanan tab “Animations”, di grup “Timing”, ketik “Duration” untuk mengatur berapa lama kamu ingin timer menghitung mundur.

Tutorial pun selesai dan sekarang kamu sudah memiliki penghitung waktu mundur (timer) dalam slide PowerPoint kamu.

Nah, itulah langkah-langkah tutorial cara menambahkan timer PowerPoint dalam slide presentasi kamu. Semoga bermanfaat untuk kamu ya, Goodguys!

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password