Tutorial Cara Menambahkan Notes (Catatan) dalam Slide PowerPoint


OKEGUYS, artikel kali ini akan membahas tutorial cara menambahkan notes atau catatan ke dalam slide presentasi PowerPoint kamu dengan mudah.

Tujuannya apa? Tentu saja untuk membuat presentasi PPT berjalan dengan baik, tanpa keheningan yang tidak nyaman dilihat oleh audiens.

Kamu dapat menambahkan catatan pidato atau semacamnya ke dalam slide PowerPoint kamu, satu per satu. Cara ini membuat audiens tidak melewatkan topik penting yang sedang dibahas, terlebih jika mereka tidak membawa buku khusus untuk mencatat.

Untuk lebih tahu, langsung saja yuk simak ulasan tutorialnya berikut ini!



Cara Menambahkan Catatan dalam Slide Presentasi PPT

Ada dua cara untuk menambahkan catatan di PowerPoint, dan OKEGUYS akan menunjukkan kepada kamu cara menerapkan masing-masing metode tersebut.

Metode 1. Tambahkan Catatan dari Taskbar PowerPoint

Ini adalah cara tercepat untuk menambahkan catatan ke slide PowerPoint kamu. Cukup klik pada pilihan ‘Notes’ di bagian bawah layar PowerPoint.

menambah notes presentasi powerpoint

Panel ‘Notes’ akan muncul. Kamu dapat mulai mengetik di kotak teks. Kamu bahkan dapat memformat teks seperti yang terlihat pada tangkapan layar di bawah ini. Namun, kamu tidak dapat menyesuaikan ukuran font.

Jika kamu ingin menyesuaikan ukuran font, maka perlu tambahkan catatan menggunakan metode kedua berikut:



menambah notes presentasi powerpoint

Metode 2. Tambahkan Catatan dari Notes Page View

Untuk mengakses tampilan ‘Notes Page’, silahkan buka tab ‘View’ dan di bagian ‘Presentation Views’ klik ‘Notes Page’.

menambah notes catatan ppt

Ada banyak hal yang dapat dilakukan di ‘Notes Page’ sesuai kebutuhan, seperti menambahkan notes ke dalam slide PPT, menyesuaikan ukuran font, memasukkan gambar, diagram, bentuk dan lainnya.

Kamu juga bisa mengubah warna latar belakang slide PowerPoint sesuai selera, seperti terlihat di gambar:



Jika tidak ingin catatan warna-warni, kamu dapat mengatur tampilan ke skala ‘Grayscale’ atau ‘Black and White’ sesuai kebutuhan.

Jika kamu ingin membuat catatan (notes) agar lebih terlihat, kamu dapat mengedit ‘Notes Master’ dengan masuk ke dalam menu View> Master Views> Notes Master.

Kamu bisa memilih desain dan tata letak halaman catatan, lalu memilih opsi untuk penyiapan halaman PowerPoint. Beginilah tampilan Master Notes:

Penutup

Itulah tadi tutorial cara menambahkan notes ke dalam slide presentasi Microsoft PowerPoint. Gimana nih, Goodguys? Langkah-langkahnya mudah untuk diikuti, kan?

Semoga tutorial di atas bermanfaat, ya! Silahkan dicoba!

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password