Tutorial Cara Menambahkan Animasi ke dalam Slide PowerPoint


Sudah tidak diragukan lagi, dengan Microsoft PowerPoint, kamu dapat membuat slide presentasi yang mengagumkan. Caranya, cukup dengan menggunakan slide statis dan elemen non-animasi.

Namun, jika kamu benar-benar ingin membuat audiens menjadi kagum selama kamu memaparkan presentasi, nampaknya kamu perlu memikirkan cara untuk menarik perhatian mereka secara penuh.

Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menggunakan animasi. Dan dalam tutorial ini, OKEGUYS akan menunjukkan secara tepat bagaimana menambahkan animasi ke PowerPoint.

Beragam Jenis Animasi di PowerPoint

Tapi sebelum membahas langkah-langkahnya, sebaiknya kamu ketahui dulu beberapa jenis animasi di PowerPoint yang dapat kamu pilih nantinya sesuai kebutuhan, sebagai berikut:



1. Transisi

Jenis animasi pertama disebut animasi transisi. Ini adalah jenis animasi yang ditambahkan di antara slide. Saat kamu beralih dari slide 1 ke slide 2, kamu dapat menambahkan animasi di antara slide. Kamu dapat melihat opsi transisi yang berbeda dengan masuk ke panel ‘Transitions pane’ pada PowerPoint.

menambah animasi powerpoint

Tampilan default menunjukkan 10 transisi, tetapi jika kamu mengklik panah kecil seperti yang terlihat pada screenshot di atas, kamu akan melihat lebih banyak opsi seperti berikut:

menambah animasi powerpoint

Animasi transisi memiliki opsi efek tambahan. Kamu akan melihat ini ketika kamu mengklik transisi yang ingin dipakai. Tombol ‘Effect Options’ tidak akan berwarna abu-abu, dan kamu dapat memilih setelan tambahan.



Misalnya, dalam hal ini OKEGUYS memilih ‘Reveal’ sebagai animasi transisi. Opsi efek yang tersedia adalah:

  • Smoothly from right (mulus dari kanan)
  • Smoothly from left (mulus dari kiri)
  • Through black from right (melalui hitam dari kanan)
  • Through black from left (melalui hitam dari kiri)

Berikut tangkapan layar dari tampilannya:

cara menambah animasi powerpoint

Kamu juga dapat menyesuaikan waktu dan durasi setiap transisi serta mengatur maju-mundur slide.

menambah animasi ppt



Jangan ragu untuk bermain-main dengan animasi transisi dan opsi efek yang paling sesuai dengan kebutuhan slide presentasi kamu.

2. Animasi

Jenis animasi kedua ini untuk menghidupkan objek atau elemen di dalam slide. Misal kamu ingin menganimasikan teks, gambar, bentuk, grafik, atau bagan, ini adalah jenis animasi yang dapat dipilih.

Kamu terlebih dahulu harus mengklik objek yang ingin kamu animasikan, lalu klik tab ‘Animations’.

menambah animasi powerpoint

Tampilan default menunjukkan 8 animasi, tetapi jika kamu mengklik panah kecil seperti yang terlihat pada screenshot di atas, kamu akan melihat lebih banyak opsi seperti berikut:

menambah animasi powerpoint 2

Kamu dapat memilih dari jenis animasi berikut:

  • Entrance animations. Ikon untuk jenis animasi ini berwarna hijau. Apabila kamu menggunakan jenis animasi ini untuk suatu objek, objek itu akan memasuki slide sesuai dengan preferensi waktu kamu.
  • Exit animations. Ikon untuk jenis animasi ini berwarna merah. Objek yang ditambahkan pada animasi ini akan keluar dari slide.
  • Emphasis animations. Ikon untuk jenis animasi ini diberi warna kuning. Objek tidak akan masuk atau keluar dari slide (kecuali kamu telah menambahkan animasi tertentu ke objek yang sama), tetapi akan menekankan dan menarik perhatian ke objek tersebut.
  • Motion path animations. Jenis animasi ini memungkinkan kamu untuk memindahkan objek dari satu tempat ke tempat lain. Kamu dapat menentukan atau menggambar jalur yang diinginkanuntuk diambil objek.

Cara Menambahkan Animasi ke PowerPoint dalam 2 Langkah

Animasi adalah efek visual yang membuat teks, gambar, bentuk, atau bagan di dalam slide presentasi PowerPoint menjadi lebih ‘hidup’ dan tentu saja menarik perhatian audiens.

Untuk menambahkan animasi masuk ke objek apa pun di Microsoft PowerPoint, inilah yang perlu kamu lakukan:

1. Klik pada objek yang ingin kamu animasikan. Dalam contoh ini, OKEGUYS akan menggunakan wajah tersenyum berwarna biru.

2. Pilih animasi yang ingin kamu gunakan. Untuk contoh ini, OKEGUYS menggunakan Entrance Animation – Fade. Kami mengatur durasinya menjadi 2,75 detik. Kamu akan lihat pada gambar di bawah bahwa animasi fade tidak punya opsi efek (tombol berwarna abu-abu).

Inilah arti angka-angka pada tangkapan layar di atas:

  1. Animasi yang dipilih adalah Fade.
  2. Tidak ada Effect Options untuk Animasi Fade (tombol berwarna abu-abu dan tidak dapat diklik)
  3. Kamu dapat menyesuaikan pengaturan melalui bagian Advanced Animation, Timing, dan Animation Pane
  4. Angka (1) mengacu pada fakta bahwa 1 animasi telah ditambahkan ke dalam objek.
  5. Kamu dapat mengklik tombol ‘Preview’ untuk melihat pratinjau animasi.

Penutup

Seperti yang kamu lihat, menambahkan animasi ke suatu objek bukanlah hal mudah memang dan tidak bisa secepat kilat. Kamu perlu lakukan tahapan di atas satu per satu agar hasilnya sesuai dengan keinginan.

Semoga tutorial membuat animasi di slide PowerPoint di atas bermanfaat untuk kamu ya, Goodguys. Selamat berkreasi!

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password